-->

Peluang Komoditi Bagus di Spanyol, Tgk. Khalidi Ajak Petani Abdya Tanam Lada

01 September, 2016, 23.25 WIB Last Updated 2016-09-01T16:25:44Z
ABDYA - Anggota DPR Aceh dari Daerah Pemilihan  9, Tgk. Khalidi mengajak petani dan para pekebun di Aceh Barat Daya untuk mengembangkan kembali tanaman Lada.

“Setelah saya pulang dari Spayol, ternyata peluang komoditi lada asal Aceh di sana sangat bagus, mereka siap menampung berapapun Lada Aceh,” ujar Tgk. Khalidi melalui pesan singkat yang diterima  LintasAtjeh.com, Rabu (31/8/2016) dalam kunjungan reses ke II Abdya, Aceh Selatan, Subulussalam dan Singkil.

Politisi dari Partai Aceh itu bersemangat untuk mengajak masyarakat mengganti tanaman sawit dengan lada setelah bertemu sang Walikota Spanyol.

“Saya saja terkejut, ternyata mereka masih sangat menyukai lada Aceh. Dalam pertemuan itu, lada jadi pembahasan bukan soal politik pilkada,” lapornya.

Peluang besar ini menjadi beban berat politisi itu untuk segera terealisasi. Meskipun terlambat, mantan kombatan itu tetap mengajak masyarakat Abdya terutama para pekebun untuk segera memulai penanaman kembali komoditi ini yang sempat membuat rakyat di Aceh bisa makmur.

“Lada Aceh sudah terkenal sejak ratusan tahun lalu, jauh sebelum negara ini terbentuk. Jadi kita tak salah untuk kembali menanam komoditi nenek moyang dulu,” ujarnya mengembalikan memori sejarah kejayaan.

Peluang besar dari Spayol berkat kunjungan para anggota DPR Aceh ke beberapa negara di Eropa itu ditanggapi serius instansi terkait di Abdya. Pihak Dinas Perkebunan Abdya sendiri langsung menetapkan komoditi lada sebagai prioritas pengembangan pada tahun ini.

“Maka dengan kepergian beliau (Tgk. Khalidi) ke Spayol, pihak kami mengajak masyarakat Abdya untuk menanam kembali lada secara perdana dan tahap pertama minimal seluas 400 hektar,” tekad Kadishutbun Abdya, Maswadi.

Kadishutbun Abdya itu juga sangat senang dan memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada anggota dewan asli putra Abdya itu.

“Kami pihak dinas sangat setuju 100% dengan program penanaman lada yang akan diperioritaskan oleh Gure kita Tgk. Khalidi. Masa reses II ini merupakan kerja Anggota Dewan, diluar gedung hingga menjumpai daerah. Pelaksanaan tugas ini harus bisa menampung aspirasi serta melaksanakan fungsi pengawasan, dan kunjungan kerja ini bisa dilakukan secara perseorangan maupun secara berkelompok," ucapnya.[DW]
Komentar

Tampilkan

Terkini