-->

Kapolres Aceh Singkil : Pelaku Kerusuhan Terindentifikasi

01 September, 2016, 23.15 WIB Last Updated 2016-09-01T16:15:24Z
ACEH SINGKIL - Kapolres Aceh Singkil, AKBP Muhammad Ridwan, SIK, mengatakan pelaku kerusuhan pada bentrokan yang terjadi pada Selasa 30 Agustus 2016 kemarin, antara kelompok masyarakat asal Kecamatan Danau Paris Kabupaten Aceh Singkil dengan kelompok masyarakat Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah telah terindentifikasi.

Menurut Kapolres, sejauh ini pihaknya telah mengantongi nama-nama para pelaku dari kedua belah pihak yang terlibat dalam perkelahian hingga menyebabkan jatuhnya korban luka berat.

"Polisi telah mengumpulkan bukti termasuk meminta keterangan dari kedua belah pihak kelompok yang bertikai. Para pelaku kerusuhan sudah teridentifikasi, semuanya akan diproses secara hukum,” sebut AKBP Muhammad Ridwan, SIK, ketika ditanyai wartawan di sela-sela acara pertemuan dengan tokoh masyarakat, tokoh adat dan warga Kampung Lae Balno, Kecamatan Danau Paris, Kamis (1/9/2016).

Kepada warga Kampung Lae Balno Kapolres mengharapkan warga untuk dapat menahan diri. Sebab semua persoalan, katanya, sedang dalam proses.

Dijelaskannya, pasca peristiwa tersebut terkait adanya permasalahan hukum saat ini sedang ditangani oleh pihak kepolisian. Sementara mengenai permasalahan sengketa lahan dan tapal batas akan diselesaikan oleh pemerintah sesuai dengan jenjang kewenangannya masing-masing.

Hal itu dikatakan Kapolres sekaligus menyahuti adanya permintaan warga Lae Balno, yang meminta para pelaku untuk diproses secara hukum. Sebab, apabila hal tersebut dibiarkan berlarut-larut tanpa ada dilakukan proses hukum warga sangat khawatir akan terjadinya pembalasan.

“Kami mohon kepada pihak kepolisian agar pelaku kerusuhan untuk dapat ditindak secara hukum, kalau dibiarkan nanti ada balas serangan. Sebaliknya bisa juga kampung ini ditinggalkan karena takut ada serangan,” papar kepala Imum Mukim kecamatan Danau Paris, Zainal Abidin.

Kapolres juga memastikan pihak kepolisian akan menindak tegas semua pelaku yang melawan hukum. "Kami akan tindak setiap pelaku yang melawan hukum, untuk itu kami juga berharap agar warga tetap tenang dan tidak perlu khawatir," sebut Kapolres seraya menambahkan pasca bentrokan tersebut pihaknya telah menempatkan para personil Polri pada posisi siaga.[As/Jml]
Komentar

Tampilkan

Terkini