-->


Sirathallah : Keuchik Harus Lapor Camat, Itu Pembodohan Publik!

05 September, 2016, 22.28 WIB Last Updated 2016-09-05T15:28:56Z
ACEH BESAR - Ketua Fokus GEMPAR Aceh Besar menyayangkan terkait pernyataan Camat Darul Imarah yang mengharuskan keuchik berkonsultasi selalu dengan camat dan tokoh. Itu adalah pembodohan publik dan tidak ada aturan itu.

“Perjuangan Forum Keuchik Darul Imarah sebagai representatif dari masyarakat yang dipimpinnya tidak bisa dikatakan tidak sah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Sirathallah kepada LintasAtjeh.com, Senin (5/9/2016).

Camat itu, kata dia, merupakan perpanjangan tangan bupati, tidak dipilih langsung oleh rakyat. Sedangkan keuchik dipilih langsung oleh rakyat. Kewenangan dan kebijakan keuchik atas persoalan masyarakatnya lebih nyata dan relevan.

“Artinya, keuchik itu adalah tokoh masyarakat yang paling tahu persoalan dan solusi yang dihadapi rakyatnya. Sehingga peran para keuchik merupakan  ujung tombak pembangunan kesejahteraan rakyat,” tandasnya.

Menurut Sirat, Kecamatan Darul Imarah adalah daerah paling luas dan terbanyak jumlah penduduknya dalam Kabupaten Aceh Besar dan berbatasan dengan Ibukota Provinsi Aceh.

Kemudian, potensi ekonomi daerah sudah semakin bergeser dari lahan pertanian yang semakin sedikit karena pembangunan infrastruktur yang semakin dibutuhkan. Akses perhubungan yang sangat lancar dan serta pertumbuhan penduduk yang sangat cepat tidak sebanding dengan kemampuan Pemkab Aceh Besar untuk mengelola dan membangun sumber daya manusia baik dari sisi stimulus anggaran untuk mendorong perekonomian dan lain sebagainya.
“Sangat berbeda dengan Ibukota Provinsi Aceh yang saat ini sangat membutuhkan lahan untuk pengembangan kota dan keuangan yang cukup untuk pemberdayaan ekonomi. Ini akan sangat terintegrasi bila ditarik garis dan akan menjawab beberapa persoalan, antara lain untuk percepatan kesejahteraan rakyat dan pembangunan infrastruktur yang merupakan kebutuhan dasar untuk pertumbuhan ekonomi baru. Sehingga menjadikan Darul Imarah sebagai bagian ibukota adalah solusi paling bagus dan konstruktif," ungkap Sirat.[DW]
Komentar

Tampilkan

Terkini