-->

Wow!!! Husnan Ibrahim Calon Tertua Anggota Panwascam Aceh Besar

05 September, 2016, 15.17 WIB Last Updated 2016-09-05T14:17:01Z
ACEH BESAR - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Besar menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Aceh 2017 menggelar seleksi tertulis untuk anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Aceh Besar.

Dalam seleksi tulis tersebut panitia memberikan materi tes yang lebih menekankan terkait teknis pengawasan pemilu. Diinformasikan bahwa sebelum mengikuti seleksi tes tulis peserta memang dikonfirmasikan kepada peserta supaya memperdalam ilmu pengawasan dalam pemilukada.

Ketua Panwaslih Aceh Besar Mizan Muhammad didampingi Ketua Devisi SDM dan Organisasi, Fadhal Hs, kepada LintasAtjeh.com, pada Senin (5/9/2016), menyatakan bahwa minat masyarakat untuk menjadi anggota Panwascam Aceh Besar kali ini mengalami peningkatan dengan jumlah 212 peserta yang hadir mengikuti seleksi tulis hari ini 209 orang.

Terkait pendalaman materi pengawasan yang diberikan pihak panwascam, menurutnya, persoalan yang akan dihadapi oleh mereka adalah sistem pengawasan untuk meminimalisir pelanggaran kandidat calon gubernur dan bupati/walikota.

“Sehingga ketika calon sudah dibekali pengetahuan ilmu pengawasan maka setiap persoalan dalam Pilkada Aceh 2017 nanti, Insya Allah berjalan sukses,” ujarnya.

Acara yang dimulai sejak pukul 09.15 WIB ini, dari total 212 peserta yang mendaftar, ada tiga orang tidak lolos yang jadi Panwascam Aceh Besar.

“Dalam proses tes tertulis hari ini ada tiga orang yang tidak datang dengan alasan yang tidak diberitahukan ke pihak panitia seleksi. Kemudian untuk peserta yang mendaftar dengan usia tertua saat ini ada satu orang usia 65 tahun atas nama Husnan Ibrahim asal Kecamatan Jantho, tetapi usia yang termuda mendaftar ada yang berumur 30 tahun,” ungkapnya.

“Jadi pada tes tertulis ini total peserta yang hadir berjumlah 209 orang. Selanjutnya peserta yang lolos akan mengikuti tes wawancara. Kedepan dalam setiap kecamatan akan mempunyai tiga anggota panwascam setelah melewati tes wawancara. Kalau dikalkulasi ada 23 kecamatan di Kabupaten Aceh Besar. Berarti kalau ada 3 orang disetiap kecamatan maka total keseluruhan ada 69 orang yang dipastikan mengisi panwascam,” pungkasnya.

Dalam acara seleksi yang berlangsung di SMK Negeri Al Mubarkeya, Kayee Lhee, Kecamatan Ingin Jaya, peserta diberikan waktu 120 menit untuk mengikuti tes tertulis tersebut. Ada sekitar 50% yang tamatan Sekolah Menengah Atas dan 50% lulusan sarjana yang mengikuti tes menjadi panwascam.[DW]
Komentar

Tampilkan

Terkini