-->

KNPI Aceh Laksanakan Pelatihan Dasar Koperasi Bagi Pemuda

23 Oktober, 2016, 19.48 WIB Last Updated 2016-10-23T12:49:19Z


BANDA ACEH – Sekitar 60 peserta dari berbagai perwakilan organisasi kepemudaan (OKP) mengikuti Pelatihan Dasar Koperasi Bagi Pemuda yang dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI Aceh di Hotel Kuala Radja, Sabtu-Minggu, 22-23 Oktober 2016.

Ketua DPD I KNPI Aceh, H. Jamaluddin, ST, dalam sambutannya dihadapan para peserta menyebutkan kesuksesan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh KNPI Aceh selama ini tak lepas dari dukungan semua pihak, termasuk pemerintah Provinsi Aceh.

Jamaluddin mengharapkan para pemuda untuk menjadi pejuang dalam ekonomi bangsa. KNPI kini sudah memiliki 150 lebih usaha pemuda binaan KNPI Aceh.

“Bangsa kita sudah 70 tahun umurnya, kita bertugas menjaga dan berikan kontribusi kita. Karena pembangunan dan rakyat menunggu kita. Kita menteladani orang-orang yang hebat. Sekali lagi pastikan setelah ini Anda memiliki ilmu koperasi, terlahir sebagai pengurus yang lahir untuk mendirikan koperasi apa yang kita inginkan nantinya,” ujar Jamaluddin.

“Kita pemuda ini diuji bagaimana mendirikan koperasi yang benar-benar memberikan manfaat dan tujuannya untuk pemberdayaan anggota,” sebutnya lagi.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana Bustamam Kamal, SH.I, menyampaikan sejumlah peserta yang hadir dari berbagai OKP, perwakilan mahasiswa dari kampus, alumni pelatihan life skill dari berbagai bidang yang telah dilaksanakan oleh KNPI Aceh sejak tahun 2014-2016.

“Nantinya tindak lanjut dari kegiatan ini, mereka akan membentuk koperasi pemuda di Aceh, dibawah binaan KNPI Aceh untuk mengakomodir para pemuda yang berjiwa usaha atau yang menjalankan usaha,” sebut pengurus KNPI Aceh ini.

Menurut Bustamam, acara yang berlangsung selama dua hari tersebut diisi oleh pemateri yang sudah cukup berpengalaman di bidang koperasi, diantaranya Saiful Bahri, MP (Dinas Koperasi Kota Banda Aceh), Sirajul Munir, SE (Lembaga Pendidikan Perkoperasian Aceh/Lapenkop Wilayah Aceh), Asfian, SE (Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Aceh / Dekopinwil Aceh), Nonong Husna, SE yang bertindak sebagai instruktur/pemandu Lapenkop Wilayah Aceh.

Kegiatan pelatihan dengan tema "Koperasi Solusi Ekonomi Sosial” itu dibuka oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Aceh, Azhari, SE, M.Si, meminta kepada para peserta dari generasi muda agar  mandiri dan  aktif berperan dalam usaha-usaha kreatif dan inovatif.

“Generasi muda jangan berpangku tangan supaya bisa menggerakkan ekonomi bangsa,” ujar Azhari, yang juga anggota Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Provinsi Aceh ini.

Pembukaan pelatihan koperasi bagi pemuda itu turut dihadiri Kadisperindagkop Banda Aceh, Rizal Junaidi SE, Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Marzuki, SE, MM.[Rls]
Komentar

Tampilkan

Terkini