-->

Blang Krueng Juara Desa Unggulan Nasional

16 November, 2016, 22.40 WIB Last Updated 2016-11-16T15:41:23Z
ACEH BESAR - Gampong Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh dinobatkan sebagai desa unggulan untuk kategori sadar pendidikan tahun 2016 oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia bekerjasama dengan majalah Tempo.

Penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan diterima Wakil Bupati Aceh Besar Drs. Syamsulrizal, Mkes, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (15/11/2016) kemarin. Tampak hadir juga pada malam anugerah tersebut Menteri Desa PDTT RI Eko Putro Sandjojo.

Wakil Bupati Aceh Besar Drs. Syamsulrizal, Mkes, melalui Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar Muhammad Basir, SSTP, MSi, mengatakan penghargaan yang diraih Gampong Blang Krueng merupakan kemenangan bagi seluruh masyarakat gampong tersebut, dan Aceh Besar pada umumnya.

"Semoga penghargaan ini makin memotivasi lagi aparatur dan masyarakat Blang Krueng serta gampong lainnya di Aceh Besar agar memiliki kepedulian tinggi untuk kemajuan pendidikan, dan gampong lainnya juga bisa berkompetisi seperti apa yang diraih Blang Krueng," harapnya.

Begitu juga Pemkab Aceh Besar memberikan apresiasi kepada keuchik dan perangkatnya serta seluruh masyarakat Blang Kreung, atas kerja keras warga serta pembinaan dari aparatur pemerintah untuk memberi yang terbaik demi mengharumkan nama daerah. Dimana Blang Krueng adalah juara pertama lomba desa tingkat provinsi sekaligus mewakili Aceh di tingkat nasional.

"Jaga dan rawat terus prestasi ini sehingga kedepan Blang Kreung menjadi contoh bagi desa-desa lain secara nasional dalam bidang kesadaran pendidikan," pinta Wabup Aceh Besar.

Sementara Keuchik Blang Krueng Teuku Muslem, mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Aceh Besar yang telah memberikan bimbingan dan motivasi kepada masyarakat hingga mampu berbuat demi kemajuan gampong, khususnya sektor pendidikan.

"Pasca tsunami, saat ini di Blang Krueng telah memiliki SD dan TK IT Hafizul Ilmi dalam mendidik anak-anaknya, selain TPA dan balai pengajian," ungkapnya.

Selain itu, Teuku Muslem berharap Pemkab Aceh Besar kedepan dapat membantu lembaga pendidikan di gampongnya agar lebih mandiri. “Kiranya tidak hanya TK dan SD bisa ada di tempat kami, mudah-mudah jenjang pendidikan lebih tinggi bisa hadir seperti SMP maupun SMA bahkan perguruan tinggi," pungkasnya.

Selain Desa Blang Krueng, enam desa lainnya dalam lomba tingkat nasional, antara lain Desa Jabiren, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, yang terpilih sebagai desa unggulan kategori penjaga lingkungan. Desa Dermaji, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menjadi desa unggulan melek teknologi. Desa Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, dinilai unggul dalam pemberdayaan ekonomi.[DW]
Komentar

Tampilkan

Terkini