-->

PT. Bara Energi Lestari Serahkan Bibit Sapi ke Gampong Suak Bilie

03 November, 2016, 00.03 WIB Last Updated 2016-11-02T17:03:53Z
NAGAN RAYA - PT. Bara Energi Lestari (PT. BEL) adalah perusahaan produsen batu bara pertama di Aceh yang berada di Kabupaten Nagan Raya. Melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT. BEL merealiasasikan berbagai program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) di sepuluh gampong area operasionalnya, salah satu gampong yang berada di area PT BEL adalah gampong Suak Bilie.

Program-program PPM yang bersumber dari dana CSR PT. BEL di gampong Suak Bilie dilaksanakan secara berkelompok dan bergili. Metode kelompok dan giliran dalam program budidaya sapi terpadu di Gampong Suak Bilie ini tergolong unik karena bila sapi sudah memiliki anak, anaknya yang akan tetap tinggal di kelompok tersebut sedangkan induknya akan berpindah ke warga lain sebagai kelompok baru begitu seterusnya. Metode ini muncul dan mereka sepakati untuk menyikapi terbatasnya dana untuk pengadaan sapi kepada banyak kelompok.

Untuk tahun 2016 ini, masyarakat Gampong Suak Bilie sepakat untuk melaksanakan program budidaya sapi dengan mengintegrasikannya dengan pertanian holticultura seperti kacang, jagung, gambas dan sayur mayur lainnya. Selama ini sebagian warga gampong Suak bilie sudah menanam sayur-sayuran di lahan pertanian mereka.

Untuk memulai program budidaya sapi terpadu ini warga Suak Bilie memelihara sapi dengan cara ditempatkan di kandang khusus di dalam areal bercocok tanam untuk memudahkan pengumpulan kotoran sapi sebagai bahan pembuatan kompos yang nantinya akan digunakan sebagai pupuk organik bagi tanaman sayuran.

Untuk mengawali program budidaya ternak sapi terpadu ini, Manager sekaligus Kepala Teknik Tambang (KTT) PT. BEL, Rahmad  Zahri didampingi Wakil Kepala Teknik Tambang, Humas dan beberapa karyawan menyerahkan langsung tiga ekor bibit sapi kepada kelompok tani di gampong Suak Bilie, Kecamatan Suka Makmue, Nagan Raya. Di sela-sela penyerahan bibit sapi tersebut, Rahmad Zahri sempat memberikan motivasi kepada kelompok dan warga yang hadir, Rabu (02/11/2016).

“Walaupun kita mulai dengan jumlah yang sedikit bila niat, usaha dan doa yang banyak maka hasilnya akan banyak juga,” ujarnya.

Sementara External Relation (Humas) dan selaku penanggungjawab program CSR  PT. BEL, Agussalim menyampaikan program-program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang direalisasikan berdasarkan usulan dari pihak gampong dan masukan-masukan dari team CSR PT. BEL. Selama ini program PPM dari CSR PT. BEL terlaksana dengan baik berkat kerjasama dengan masyarakat setempat.

“Pihak pemerintah Nagan Raya khususnya melalui Dinas Pertambangan dan Energi dan Dinas terkait lainnya sangat peduli dengan selalu mengawasi dan memberikan saran yang konstruktif dalam pelaksanaan program PPM. Team CSR PT. BEL sedang berupaya dan bekerjasama dengan berbagai pihak agar program serupa dapat terlaksana di gampong lainnya di area operasional PT. BEL,” demikian jelasnya.[Rls]
Komentar

Tampilkan

Terkini