-->




Dandim 0109/Singkil: Kompi A Yonif 115/ML Siap Amankan Pilkada

07 Januari, 2017, 11.20 WIB Last Updated 2017-01-08T13:59:30Z
ACEH SINGKIL - Dandim 0109/ Singkil, Letkol Kav Kapti Hertantyawan, S.H, mengatakan Kompi A Yonif 115 /Macan Lauser telah disiapsiagakan jika sewaktu waktu terjadi kekacauan pada Pilkada di Aceh Singkil dan Kota Subulussalam.

"Kita telah melaksanakan latihan kesiapsiagaan pada Jumat 06 Januari 2016 (kemarin) dan hal tersebut juga akan dilaksanakan secara terus menerus," ujar Kapti kepada LintasAtjeh.com, Sabtu (07/01/2016).

Dandim menyebutkan, apabila kekuatan Kodim tidak mampu mengatasi kerawanan, maka pihaknya akan meminta bantuan dari komando atas dalam hal ini Kodam ataupun Korem.

Dalam kesempatan itu, Dandim juga meminta kepada semua angggota TNI-AD untuk tetap netral di Pilkada 2017 mendatang. Sebab sesuai aturan dan undang-undang netralitas dan loyalitas TNI harus dijunjung selama pelaksanaan Pilkada berlangsung. "Netralitas dan Loyalitas TNI adalah Harga Mati," tegas Kapti.

Dalam pengamanan Pilkada Pilbup dan Pilgub, sambungnya, Kodim 0109/Singkil turut serta mengandalkan Danramil dan Babinsa pada setiap desa. Sebab mereka merupakan ujung tombak pemantauan di lapangan.

Meski jumlah terbatas, lanjut Dandim, kedepan ini Babinsa juga akan dikerahkan untuk memantau semua TPS yang ada. Dijelaskannya, selama ini jumlah Babinsa tidak cukup untuk mengawal semua TPS sebab jumlahnya tidak seimbang dengan jumlah TPS yang ada.

"Satu desa hanya ada satu Babinsa sehingga peran Babinsa sangat besar. Kita harapkan Babinsa lebih aktif dalam melaksanakan patroli untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat," pungkasnya. [AS/JML]
Komentar

Tampilkan

Terkini