-->








Mahasiswa IAIN Zawiyah Cot Kala akan Laksanakan Studi Lapangan ke Harian Waspada

18 Januari, 2017, 20.21 WIB Last Updated 2017-01-18T15:08:15Z
LANGSA - Sebanyak 49 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala (ZCK) Langsa, jurusan Dakwah Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) semester V dan VII melaksanakan Studi Lapangan ke Harian Waspada.

Hal ini dikatakan M.Husin, Sos, MM. pengasuh mata kuliah Manajemen Penerbitan Media Massa dan Teknik Penulisan Media Cetak dan Elektronik kepada LintasAtjeh.com, Rabu (18/01/2017), di Kampus IAIN Zawiyah Cot Kala.

Husin menjelaskan kegiatan tersebut sebagai upaya untuk memperdalam ilmu pengetahuan dibidang komunikasi, grafika dan jurnalistik. Selain mengunjungi dapur Redaksi Harian dan percetakan Waspada para mahasiswa juga akan mengunjungi LPP Televisi Sumut, dan LPP RRI Medan berlangsung selama tiga hari mulai, Kamis-Sabtu 19-21 Januari 2017 besok.

Lanjutnya, kepada mahasiswa akan diperkenalkan berbagai sarana yang digunakan redaksi melalui aplikasi manajemen modern dalam memproduk berita, hingga berita itu dapat dinikmati pembaca baik yang diproses oleh media cetak maupun media elektronik.

“Begitu juga tehnik kerja perangkat keras yang dikendalikan oleh perangkat lunak seperti halnya mencetak surat kabar,” jelasnya.

“Kunjungan para mahasiswa angkatan ke-18 ini bertujuan untuk mensinergikan antara teori yang telah kami bekali dengan praktek dilapangan,” imbuhnya.

Ia menerangkan bahwa, teori yang sudah kami berikan kepada mahasiswa adalah manajemen media massa, tehnik menata dan menghias surat kabar (Tipografi, Desain dan Lay Out), tehnik mencari dan membuat berita, reporting, editing dan writing, sistem ros, jurnalistik televisi, efektivitas radio Siaran seperti musik kata-kata dan efek suara.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Dr.H.Ramly M.Yusuf, MA pada pelepasan mahasiswa tersebut mengatakan, studi lapangan yang dilakukan mahasiswa merupakan salah satu upaya pengembangan ilmu dari berbagai teori yang didapat selama perkuliahan.

“Semoga dengan bekal studi lapangan ini para mahasiswa dapat mengenal lebih dekat dengan teknologi yang digunakan di dunia jurnalistik dan mengetahui inovasi teknologi komunikasi penggunaan perangkat keras maupun cara kerja lainnya,” pungkasnya.[Sm]
Komentar

Tampilkan

Terkini