-->








453 Mahasiswa Peserta KPM Unsam Diberangkatkan

21 Februari, 2017, 01.58 WIB Last Updated 2017-02-22T12:51:23Z


LANGSA – Ir. H. Anas Djohan, MM. yang mewakili Rektor Universitas Samudra Langsa (Unsam) melepas pemberangkatan 453 mahasiswa guna melakukan kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) gelombang I tahun 2017 di halaman Kampus induk Unsam, Senin (20/2/2017).

Pantauan LintasAtjeh.com acara pemberangkatan dihadiri oleh M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP, Sekda Aceh Timur, Nirwadi, S, STP. MAP, Camat Birem Bayeun, Ketua Team Monitoring dan Wakil Rektor I Dr. Saiman, M.Pd, Anggota Team Monitoring Dr. Darwis Anatami SH, MH, dan anggotanya, team supervisor dan Dekan masing-masing Fakultas serta para dosen dan panitia KPM.

Ketua Panitia KPM, Dr. Yusi Amdani, SH, MH. dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta KPM yang diberangkatkan ini berasal dari 5 Fakultas yang terdiri dari Fakultas Hukum, Ekonomi, Pertanian, Teknik dan FKIP. Untuk lokasi KPM di Kabupaten Aceh Timur ditempatkan pada Kecamatan Birem Bayeun, sementara untuk Kabupaten Aceh Tamiang terdiri dari 3 Kecamatan yaitu kecamatan Sekrak, Bandar Pusaka dan Tamiang Hulu.

“Pada KPM kali ini sebelum berangkat kelokasi untuk melaksanakan kegiatan tersebut, mahasiswa dan Dosen Pendamping Lapangan (Supervisor) sebelumnya telah melakukan survey terhadap desa-desa tujuan KPM untuk menginventarisir kendala dan potensi desa, sehingga dirumuskan dalam sebuah proposal pengabdian masyarakat yang tentunya program yang akan dilaksanakan sudah mendapat persetujuan keuchik atau kepala desa,” katanya.

Dalam kegiatan ini, lanjut dia, pada penutupan KPM direncanakan akan dipilih supervisor terbaik yang dipenilaiannya dilakukan oleh Team Monitoring yang terdiri dari Wakil Rektor, Kepala Biro, Ketua LPPM dan Dekan-Dekan Unsam.

Ir. Anas johan, MM. dalam sambutannya menyampaikan salam dari Rektor Unsam Dr. Bachtiar Akob, M.Pd, Rektor tidak dapat menghadiri acara pelepasan ini karena ibunda beliau meninggal dunia pada hari kamis kemarin di Nagan Raya.

“Karena ibunda dari bapak Rektor meninggal dunia, maka marilah kita luangkan waktu sejenak untuk mendoakan semoga arwah almarhuma ditempatkan disisi Allah SWT,” ajaknya.

Anas juga berharap agar mahasiswa peserta KPM selalu menjaga nama baik almamater Unsam. Ia juga mengharapkan mahasiswa peka terhadap permasalahan yang ada di masyarakat serta berusaha memahami dan membantu menyelesaikannya. Tentunya harus tetap berkoordinasi dengan aparat desa dan masyarakat.

Sementara itu, M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP, Sekda Aceh Timur dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih karena telah diundang oleh Ketua KPM untuk menghadiri acara ini, ia juga berharap kedepan agar di Kabupaten Aceh Timur jangan hanya menerima peserta KPM satu kecamatan saja.

“Saya berharap kedepan mahasiswa peserta KPM dapat diperbanyak ditempatkan di wilayah Kabupaten Aceh Timur yang memiliki 24 kecamatan terdiri dari 515 desa,” harapnya.

Ia sangat mengapresiasi adanya KPM ini, apalagi kegiatan tersebut diawali dengan proposal pengabdian masyarakat yang disesuaikan dengan kendala dan potensi desa. Oleh karena itu, pemerintah kabupaten aceh timur siap bekerjasama dan mendukung program proposal pengabdian masyarakat tersebut.

“Kami akan mengupayakan program ini dapat biaya dari APBD, hal tersebut merupakan bentuk dukungan pemerintah Aceh Timur,” ujarnya.

“Saya berharap dengan kegiatan KPM ini, mahasiswa dapat menjadi duta anti narkoba dan dapat menjadi penyejuk bagi masyarakat aceh timur yang baru melaksanakan Pilkada yang Alhamdulillah terlaksana dengan damai tanpa ada kendala apapun,” pungkasnya. 

Setelah upacara pelepasan peserta KPM selesai, acara dilanjutkan dengan pemberangkatan peserta menuju wilayah penempatan KPM yang dikoordinir oleh Wakil Ketua panitia KPM Drs. Imam Hadi Sutrisno, M.Si.[Sm]
Komentar

Tampilkan

Terkini