-->








Omak! Kawanan Sapi Milik Warga Blokir Jalan Raya Lhoknga

28 April, 2017, 09.20 WIB Last Updated 2017-04-28T02:20:43Z
ACEH BESAR - Pengemudi kendaraan yang melintas jalan nasional simpang tikungan jalan Lampuuk Lhoknga, Aceh Besar, Jum'at (28/04/2017), dibuat kesal akibat ulah kawanan sapi milik warga yang memblokir jalan. Sulit diketahui pemilik hewan ternak berkaki empat itu.

Pasalnya, ratusan ekor sapi itu seperti hewan liar yang sering menginap di jalan raya tanpa kandang dan tali pengikat. Menurut informasi, sapi ini, sudah banyak pengendara yang jadi korban bahkan meninggal dunia akibat tanpa sengaja menabraknya,"kata Abdullah warga Weu Raya.

Ia menyebutkan, kawanan hewan itu sudah turun ke jalan sejak pagi hari dan sebagian jalan raya dijadikan tempat menginap. Bervariasi ukuran besar dan kecilnya, sebagian berusia tua, muda bahkan ada juga anak sapi yang baru lahir.

“Tidak ada kandang dan tali, jadi semuanya lepas begitu saja sepertinya tak ber­tuan yang bebas di jalan raya,” jelasnya.

Sementara itu, Pak Opay (50) asal Medan yang berwisata seminggu ini bersama keluarga di Aceh. Ia terkejut dan heran lihat puluhan sapi tidur di jalan raya dan mengaku cukup ekstra hati-hati di kala melintas kawanan hewan itu.

Menurutnya, sedikit lalai maka bisa kesenggol atau sebaliknya lembu yang men­datangi kendaraan. “Bu­nyi­kan klakson juga percuma ka­rena kawanan hewan ternak itu tidak menghiraukan dan tanpa bergeming malah hanya terdiam santai seakan menikmati alunan bunyi itu,” kata Pak Opay.

Sementara informasi lain menyebutkan kawanan ternak itu belum jelas apa milik warga Lhoknga yang berada di pinggiran tekongan jalan simpang Lampuuk. Hewan itu dilepas saja oleh pemilik dan hanya sesekali terlihat diawasi kemudian ditinggal begitu saja.

"Meski telah lama hal itu berlangsung namun belum ada upaya Pemerintah Aceh Besar dan Kecamatan Lhoknga untuk menertibkannya,” terang warga lain.

Camat Lhoknga Arafar kepada LintasAtjeh. com mengatakan terkait hewan ternak milik warga yang berkeliaran di jalan raya meminta dikandangkan saja.

Sejauh ini, pihak Muspika Lhoknga mengaku sudah melakukan berbagai upaya dengan keuchik. Namun masih saja terdapat sapi-sapi liar punya warga yang mengancam keselamatan pengguna jalan maupun mengotori jalan dengan kotoran ternak yang berserakan setiap hari.

"Kita sudah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi sapi liar di jalan Lhoknga,” pungkas Camat Lhoknga.[DW]
Komentar

Tampilkan

Terkini