-->








Kementan RI Bantu Benih Padi Untuk Petani Abdya 

13 Juli, 2017, 18.20 WIB Last Updated 2017-07-13T11:20:21Z
ABDYA - Kementerian Pertanian (Kementan) RI akan menyalurkan bantuan benih padi Varietas Unggul Tahan Wereng (VUTW) kepada petani Aceh Barat Daya (Abdya) pada musim tanam (MT) rendengan 2017 ini.

"Untuk MT rendengan ini, kita telah menyiapkan benih padi varietas unggul yang tahan hama wereng untuk 10 ribu hektar lahan sawah," sebut Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Distan) Abdya Muslim Hasan di Blangpidie, Kamis (13/07/2017).

Menurut Muslim, benih padi varietas unggul jenis Ciherang yang telah dipersiapkan tersebut merupakan bantuan dari pihak Kementan RI untuk petani Kabupaten Abdya sumber Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Pemerintah Pusat memberikan bantuan benih padi VUTW untuk petani Abdya, supaya pada musim tanam kedepan, tanaman padi terbebas dari serangan hama wereng coklat," ujarnya.

Ia mengemukakan,  serangan hama wereng coklat terhadap sebagian tanaman padi saat ini disebabkan oleh benih yang tidak terjamin bebas dari hama wereng coklat, sehingga, menjadi sumber inang bagi tanaman padi di persawahan.

"Pada MT Gadu saat ini, hampir rata-rata benih padi yang digunakan petani adalah bibit lokal atau benih dari hasil panen tahun lalu yang dibeli sendiri oleh masyarakat tani, sehingga benih-benih yang digunakan itu tidak terjamin bebas dari hama wereng coklat," ujarnya.

Sambungnya, bantuan benih padi pada awalnya mau disalurkan pada Maret lalu dalam rangka mempercepat Musim Taman Gadu tetapi jumlah benih yang bantu pihak Kementrian RI tidak mencukupi untuk semua.

"Cuma 4 ribu hektar saja yang dibantu. Insya Allah, akhir Agustus bantuan benih padi Pemerintah Pusat sudah ada di Abdya. Semua hasil survei calon petani dan calon lahan (CPCL) sudah diberikan kepada tim dari kementrian," sebutnya.
  
Sementara itu, kata dia, selain benih padi unggul yang tahan hama penyakit, untuk musim tanam padi MT rendengan September 2017-Maret 2018, Pemerintah Provinsi Aceh juga memberikan bantuan pupuk gratis kepada petani Abdya seluas 1500 hektar lahan sawah.

"Saya berharap petani di pedesaan terus melakukan upaya pro aktif dalam menjaga tanaman padi. Bila ada gejala serangan hama wereng segera laporkan ke pemerintah. Pihak Dinas dipastikan akan melakukan yang terbaik untuk petani," pungkasnya.[ADI S]
Komentar

Tampilkan

Terkini