-->








Darwis, S.Pd.i: Terimakasih Pak Jokowi Telah Beri Gelar Pahlawan Nasional Laksamana Malahayati

11 November, 2017, 09.42 WIB Last Updated 2017-11-11T02:42:54Z
ACEH BESAR - Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Partai Damai Aceh (PDA) Aceh Besar Darwis, S.Pd.i mengatakan penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada Laksamana Malahayati adalah kado terindah bagi masyarakat Aceh di hari pahlawan tahun 2017.

“Penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada Almarhumah Laksamana Malahayati, adalah berita yang ditunggu-tunggu masyarakat aceh. Sekian lama impian yang dinanti ini akhirnya pemerintah menetapkannya dan menjadi kado terindah di hari pahlawan tahun ini bagi masyarakat Aceh,” ujar Darwis kepada Lintasatjeh.com, Sabtu (11/11/2017).

Darwis menjelaskan, Laksamana Malahayati adalah sosok pejuang perempuan yang tangguh dan pemberani sebagai panglima perang Kesultanan Aceh kala itu.

“Beliau merupakan sosok pejuang perempuan yang tangguh, bahkan dari beberapa catatan malahayati merupakan laksamana laut perempuan pertama di dunia, juga sebagai panglima perang kesultanan aceh yang terkenal dengan keberaniannya  melawan armada laut Belanda dan Portugis pada abad 16 M silam,” jelas politisi PD Aceh.

“Laksamana Malahayati adalah Anak dari Laksamana Muhammad Said Syah, cucu Sultan Salahuddin Syah yang memerintah Kesultanan Aceh dari tahun 1530-1539,” sambungnya.

Selain pemberani dan tangguh, kata Darwis, Laksamana Malahayati juga adalah sosok perempuan yang patriotic dan sangat pantas untuk diteladani oleh perempuan generasi sekarang.

“Laksamana Malahayati adalah sosok perempuan patriotik yang pantas diteladani oleh perempuan sekarang. Walaupun dari keturunan bangsawan, Laksamana Keumalahayati, lebih memilih bertempur melawan kolonialisme,” pungkasnya.[DW]
Komentar

Tampilkan

Terkini