-->




Tutup Raker Dekranasda, Darwati Bagi-bagi Hadiah

13 Desember, 2017, 10.41 WIB Last Updated 2017-12-13T03:41:23Z
BANDA ACEH - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Darwati A Gani menutup Rapat Kerja Daerah dan Pameran Kerajinan di Anjong Mon Mata, Komplek Meuligo Gubernur Aceh, Selasa (12/12/2017).   Penutupan ditandai dengan pengumuman para juara serta pembagian hadiah yang diserahkan langsung oleh Darwati.  

Hadiah diberikan kepada para peserta dari Dekranasda kabupaten/kota se-Aceh yang berhasil memenangkan berbagai katagori lomba Desa Kerajinan Dekranasda 2017. Seperti lomba Desa Kerajinan, Motif Warisan Budaya, Produk Unggulan Pelestarian Budaya dan Produk Kerajinan Inovatif.

Dalam sambutan penutupnya, Darwati mengatakan rapat kerja yang digelar selama dua hari (11-12 Desember) itu telah berhasil merumuskan langkah-langkah penting untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas para perajin agar mampu menghasilkan produk yang kompetitif dan berkualitas.   Hal itu sesuai dengan tema yang diangkat dalam rakerda ini, yaitu "Membangun Sinergi Dalam Menciptakan Kriya Unggulan Daerah". Tema tersebut dianggap cukup sesuai dengan visi Dekranasda Aceh, yaitu Memakmurkan Pengrajin.

"Semoga ini menjadi motivasi kita guna mendorong kesuksesan karya rakyat Aceh," ujar Darwati.

Darwati juga menjelaskan, tema tersebut mengandung makna perlunya upaya dari semua pihak untuk memajukan kerajinan tradisional Aceh, terutama dalam menghadapi persaingan di era pasar bebas saat ini. Rakerda ini diikuti oleh seluruh pengurus Dekranasda kabupaten/kota se-Aceh dan para perajin binaan masing-masing wilayah.

Darwati juga menjelaskan, berbagai pelatihan akan terus diberikan bagi para perajin agar dapat meningkatkan kualitas produk, desain dan warna. Juga dilakukan pengembangan manajemen usaha, diversifikasi produk dan pengenalan serta pemanfaatan teknologi informasi untuk mempromosikan usaha.

Berikut para juara berbagai ketagori lomba yang menerima hadiah dari Darwati yakni Juara I Ketagori Desa Kerajinan diperoleh Gampong Kuala Baru Laut, Kecamatan Kuala Baru, Aceh Singkil. Juara II Desa Reudep, Montasik, Aceh Besar. Juara III Menusah Rayeuk, Nisam, Aceh Utara. Juara Harapan I Gampong Paku, Jeumpa, Bireueun. Harapan II Kuta Ateuh, Sukakarya, Kota Sabang. Harapan III Tampeng, Kuta Panjang, Gayo Lues.  

Juara I Ketagori Motif Warisan Budaya diraih oleh Gampoeng Teungoh, Sama Tiga, Aceh Barat. Juara II Dayah Adan, Mutiara Timu, Pidie. Juara III Latak Ayah Simeulue Cut, Simeulue. Juara I Katagori Produk Unggulan Pelestarian Budaya diperoleh Gampong Padang, Manggeng, Abdya. Juara II Gampong Panton, Teunom, Aceh Jaya. Juara III Alue Dua Muka O, Idi Rayeuk, Aceh Timur. Juara Harapan I diraih Gampong Tunong, Blang Mangat, Lhokseumawe. Harapan II Jamur Lak Lak, Ketambe, Aceh Tenggara, Harapan III Matang Seulimeng, Langsa.

Sedangkan Juara I Katagori Produk Kerajinan Inovatif pada Desa Kerajinan diraih Gampong Gunong Cut, Samadua, Aceh Selatan. Selain itu diberikan hadiah kepada para juara Lomba Stand Terbaik, Lomba Laporan Terbaik Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota, Produk Kerajinan Unggulan Terbaik, Makanan UnggulanTerbaik, serta Lomba Produk Kerajinan Inovatif.[*]
Komentar

Tampilkan

Terkini