-->




Workshop Unimal Bersama KO2PI Tingkatkan Kwalitas Penulisan Artikel Ilmiah

05 Januari, 2018, 21.37 WIB Last Updated 2018-01-05T14:37:59Z
LHOKSEUMAWE - Universitas Malikussaleh bersama Komunitas Kolaborasi Publikasi Indonesia (KO2PI) akan menyelenggarakan workshop untuk kalangan civitas akademika, baik bagi mahasiswa sarjana maupun mahasiswa pascasarjana (S2 & S3) dalam upaya peningkatan kualitas penulisan artikel ilmiah.

Acara workshop ini akan dilaksanakan pada tanggal 19-20 Januari 2018 di Hotel Lido Graha Lhokseumawe dengan menghadirkan tiga narasumber yakni Ansari Saleh Ahmar, Yulius Rief Alkhaly dan Robbi Rahim.

Dahlan Abdullah selaku panitia menuturkan untuk saat ini peserta yang sudah mendaftar mencapai 60 peserta dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Aceh. Peserta dari luar Aceh, seperti Pekanbaru, Medan, Padang, Palembang dan Surabaya juga sudah melakukan pendaftaran dan telah melakukan pembayaran.

"Tadinya penutupan pendaftaran adalah 4 Januari namun kita perpanjang hingga 15 Januari, karena banyaknya permintaan dari peserta karena disebabkan baru selesai liburan akhir tahun sehingga tidak sempat menyelesaikan artikel yang akan dikirim ke panitia," ungkap Dahlan.

Workshop ini nantinya akan dibuka langsung oleh Rektor Unimal Prof. Dr. Apridar, SE., M.SI, usai workshop panitia juga akan mengajak peserta vacation di Tanah Gayo untuk minum kopi Gayo di Bukit Salak, di Ladang/Seladang, menikmati indahnya Laut Tawar dan pemandangan gunung Salak yang diakhiri dengan belanja souvenir khas Aceh.

 "Ya, kita akan perkenalkan Aceh ini melalui vacation di Tanah Gayo. Yang penting usai workshop, peserta kita ajak liburan agar enjoy," pungkas Dahlan.

Sementara itu, Heri Nurdianto salah satu Tim KO2PI.org menginformasikan bahwa di Bulan Januari ini Komunitas Kolaborasi Publikasi Indonesia (KO2PI) akan mengadakan workshop di tiga kota, Aceh, Padang dan Jakarta. Dimana sebelumnya sudah diadakan di Kota Medan dan Surabaya pada bulan Desember yang lalu.

"Workshop di Jakarta, KO2PI bekerjasama dengan Universitas Budi Luhur dan akan dilaksanakan pada tanggal 20 Januari, dengan menghadirkan pembicara Dr. Darmawan Napitupulu, Dwi Fajar Saputra dan Itsar Bolo Rangka. Peserta juga sudah mencapai 60-an dari luar daerah Jakarta yaitu Bandung, Lampung, Surabaya, Makasar dan Aceh. Rencananya workshop ini akan dibuka oleh Rektor Universitas Budi Luhur Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Didik Sulistyanto," imbuhnya.

Tanggal 24-25 Januari workshop akan diadakan di Universitas Negeri Padang, pembicaranya Prof. Mustafa Mat Deris, Rizwan Effendi, PhD, Andri Pranolo (Managing Editor IJAIN.org) dan Iwan Setiawan, informasi yang didapat dari panitia bahwa peserta sudah mencapai 30 an.

Heri mengatakan dengan membayar 1.5 juta, peserta akan mendapatkan sertifikat workshop, makan siang dan snack. Sedangkan materi yang akan disampaikan dalam workshop nanti, seperti teknik penulisan publikasi internasional, perbaikan referensi/sitasi dengan Mendeley, cek Similarity dan Ithenticate, teknik prafrase untuk menghindari plagiat dan review draft artikel peserta.

Keluaran dari workshop WMA ini nantinya pada publikasi Proceeding Indexed Scopus yang akan terbit di akhir bulan April 2018. Ini merupakan kegiatan  positif dalam peningkatan publikasi di Indonesia dan sejalan dengan kebijakan Kementerian Ristek Dikti yang mengharuskan LK dan GB untuk memiliki publikasi sesuai Permen 20 tahun 2017.

"Kedepan kegiatan workshop WMA bisa diadakan disetiap Provinsi di Indonesia sehingga akses dosen untuk publikasi semakin terbuka dengan biaya terjangkau," sambung Heri Nurdianto yang juga Managing Editor International Journal of Artificial Intellegence Research, IJAIR.id.[*]
Komentar

Tampilkan

Terkini