Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Di Jeumpa, Hasil Ubinan Capai 8 Ton Per Hektar

Share it:
ABDYA - Pasca panen padi di Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), pada musim tanam 2018 memperoleh hasil yang sama seperti tahun lalu. Ini diketahui dari hasil ubinan yang rata-rata di atas 8 ton per hektarnya.

"Hasil ubinan yang kita peroleh dari 12 Desa di Kecamatan Jeumpa, produktivitasnya rata-rata mencapai 8 ton/hektar. Hasil ini masih tergolong tinggi," sebut menteri tani Jeumpa, Tarmizi kepada LintasAtjeh.com, Kamis (26/04/2018) di Kantor Dinas Pertanian dan Pangan di Blangpidie.

Dijelaskannya, hasil ubinan padi di setiap desa dalam Kecamatan Jeumpa bervariasi dari 7,5 ton  hingga 10 ton per hektar. Hasil ini dirata-ratakan petugas, maka diperoleh hasil keseluruhannya 8 ton per hektar.

Lebih lanjut katanya lagi, ditetapkan hasil ubinan 8 ton per hektar setelah panen padi selesai. Bayangkan saja dari luas lahan sawah sekitar 947 hektar, hanya 0,5 persen yang belum di panen karena satu dan lain hal termasuk terendam banjir.

"Kita perkirakan dalam dua hari kedepan di Jeumpa sudah selesai seratus persen panen padi. Secepatnya kita lakukan kembali proses pengolahan tanah untuk musim tanam gadis tahun ini," demikiam ungkap menteri tani Jeumpa Tarmizi.[Adi S]
Share it:

news

Post A Comment: