Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

10 Pelajar SMK Provinsi Aceh akan Bertanding di 02SN Tingkat Nasional

Share it:
BANDA ACEH - Sebanyak 10 pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan bersaing di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMK Tingkat Nasional pada 16 hingga 22 September 2018, di Yogyakarta.

Ini setelah dewan juri mengumumkan pemenang juara I Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMK Tingkat Provinsi Aceh, yang berlangsung sejak 29 Juli hingga 2 Agustus 2018, di Banda Aceh.

Adapun para sang juara I tersebut meliputi, Cabang Olahraga (Cabor) Karateka Putra diraih Rifki Akhyar dari SMK Negeri 2 Langsa, sedangkan Karateka Putri diraih Ratu Sausan siswi SMK Negeri 2 Sigli, Pidie.

Juara I Pencak Silat Putra diraih Arif Iswanda dari SMK Negeri 5 Langsa, Pencak Silat Putri ditoreh Asmaul Husna siswi SMK Negeri 3 Karang Baru, Aceh Tamiang. Untuk Cabor Bulu Tangkis Putra juara I diraih Muhammad Rizky, siswa SMK Negeri 1 Lhokseumawe dan Debi Nanda Amalia untuk Bulu Tangkis Putri.

Selanjutnya Cabor Atletik Putra diraih Saifullah dari SMK Negeri 2 Karang Baru, Aceh Tamiang dan Riswani untuk Cabor Atletik Putri. Sedangkan Cabor Renang Putra diraih M. Abdi Prayoga, SMK Negeri 2 Langsa dan juara I Renang Putri diraih Kasmali, siswi SMK Negeri 1 Simpang Jernih, Aceh Timur.       

Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Muslem, S.Ag, M.Pd, atas nama Kepala Dinas Pendidikan Aceh, saat menutup O2SN tingkat provinsi, Rabu (02/08/2018), mengatakan, pembinaan bidang olahraga bagi siswa dilakukan melalui pendidikan formal mulai taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi. 

"Pelaksanaannya melalui mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan serta dapat dilakukan pada kegiatan ekstra kurikuler. Sehingga diharapkan dapat memberikan pemahaman wawasan pengetahuan keolahragaan, memiliki kemampuan berolahraga dan meningkatkan derajat kesehatan," ujarnya. 
Ia mengatakan, jenis dan cabang olahraga yang dibina dan dikembangkan diserahkan kepada masing-masing sekolah, dengan mempertimbangkan sumberdaya yang tersedia. Perkembangan olahraga di sekolah saat ini, katanya, sudah menjadi daya tarik tersendiri.

"Sehingga banyak sekolah-sekolah yang sudah memiliki klub-klub olahraga, baik olahraga beregu maupun perorangan. Dari Klub yang telah terbentuk itulah para siswa dapat mengembangkan bakatnya secara intensif sehingga diperoleh prestasi olahraga secara optimal," katanya.

Menurutnya, tujuan dilaksanakan O2SN jenjang SMK ini adalah untuk memfasilitasi dan memotivasi siswa/siswi yang mempunyai bakat dan minat di cabang olahraga, sehingga siswa dapat meningkatkan skill dan kemampuan sesuai bidangnya. 

"Disamping kegiatan ini kita harapkan adanya upaya pembentukan sikap, mental, sportivitas, kejujuran dan rasa solidaritas yang tinggi antar sesama siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Aceh," tuturnya. 

Pihaknya berharap dukungan dari semua pihak agar kegiatan O2SN jenjang SMK tahun 2018 itu dapat terlaksana dengan baik serta program ini menjadi wadah kolaborasi pihak-pihak terkait demi kesuksesan penyelenggaraan dengan cara menjunjung tinggi sportivitas demi meraih segudang prestasi. 

"Keberhasilan pelaksanaan O2SN SMK tahun 2018 ini sangat ditentukan oleh semua unsur yang berkepentingan dalam melaksanakan kegiatan secara teertip, teratur, penuh disiplin dan rasa tangung jawab yang tinggi," imbuhnya.[*]

Share it:

varia

Post A Comment: