Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Asian Games 2018: Diharapkan 4 Cabor Jadi Lumbung Medali Skuad Indonesia

Share it:
JAKARTA - Indonesia sebagai tuan rumah menargetkan bisa finish dalam 10 besar pada Asian Games 2018. Empat cabor baru andalan Indonesia diharapkan menjadi lumbung medali, selain juga kontribusi dari cabor yang selama ini sudah jadi kekuatan tradisional Tim Merah-Putih.   

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Mulyana, optimistis target finis di peringkat 10 besar dapat tercapai. Itu didasari dari pencapaian Indonesia pada Asian Games edisi sebelumnya di Incheon, Korea Selatan.

Pada Asian Games edisi 2014, ada 36 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dengan jumlah event sebanyak 439. Kontingen Merah Putih finis di peringkat ke-17 dengan raihan empat medali emas, lima perak, dan 11 perunggu.

Pada Asian Games edisi kali ini, jumlah cabor bertambah empat menjadi 40 dengan 465 nomor event. Empat cabor tambahan unggulan Indonesia yaitu pencak silat, jetski, paralayang, dan bridge.

"Strategi itu yang kami anggap bisa membawa Indonesia mencapai ke 10 besar. Dari 32 nomor event empat cabor itu, kami bisa memprediksi sekitar 12 medali emas bisa kami raih. Itu prediksi kami dan tentu juga prediksi cabor. Kalau kami bandingkan dengan Incheon, saat itu Qatar yang berada di peringkat 10 besar, 10 medali emas. Maka kami menganggap bahwa kita bisa naik ke sana (posisi 10)," ujar Mulyana saat Rapat Koordinasi Teknis Insan Media di The Bellezza Suites, Jakarta, Kamis (2/8/2018).

"Setelah kami tahu nomor event apa yang dianggap bisa membawa emas, maka kami lihat siapa lawan yang dihadapi. Misalnya di nomor seni di silat, kami tahu lawannya siapa, maka kami tanya sama cabornya bisa dapat emas atau enggak? Terus mereka bilang bisa. Itulah analisis kami bersama cabor sehingga menganggap bisa mencapai 10 besar," imbuh dia.

Namun, jika empat cabor tersebut gagal, Mulyana menyebut masih ada cabor unggulan yang berpeluang menyumbangkan medali emas untuk Indonesia. Cabang tradisional yang dimaksud adalah taekwondo, wushu, boling, bulutangkis, panjat tebing, dan sebagainya.

"Artinya kalau empat cabor tambahan meleset, kami bisa mengambil dari cabor lain. Sehingga kalau di 12 cabor ini dari 32 nomor, kami bisa mengambil 33 persen, itu kalau prediksi normatif ya. Tapi tentu sekali lagi saya katakan kalau bicara tentang medali Asian Games, maka kita lawannya siapa," imbuh Mulyana.[Liputan6]
Share it:

olahraga

Post A Comment: