-->




Pembukaan Asian Games 2018: 6.281 Personel Diturunkan Jaga Keamanan

18 Agustus, 2018, 15.49 WIB Last Updated 2018-08-18T09:15:03Z
IST
JAKARTA - Sebanyak 6.281 personel gabungan dari institusi Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) diterjunkan untuk menjaga keamanan acara pembukaan Asian Games 2018.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono mengatakan ribuan personel keamanan itu akan ditempatkan di empat lokasi yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), sekitar area SUGBK, pintu-pintu masuk Kawasan GBK, serta Jalan Sudirman dan Jalan Asia Afrika.

"Jumlah personel gabungan 6.281 orang di empat ring," kata Argo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/8).

Dia menyatakan pihaknya juga telah menyiapkan kantong parkir bagi masyarakat yang akan menyaksikan acara pembukaan Asian Games 2018 antara lain di Senayan City, Plaza Senayan, Gedung MPR/DPR/DPD, Wisma Serbaguna Senayan, Gedung Direksi GBK, Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng, Lapangan Bhayangkara, Parkir Lot 17 SCBD, Wisma Manggala Wanabakti, dan IRTI Monas.

Menurut Argo, pihaknya memperkirakan kantong-kantong parkir itu dapat menampung ribuan kendaraan dari jenis bus, mini bus, hingga sepeda motor.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga telah menerapkan pengaturan arus lalu lintas yakni di Jembatan Layang Senayan, Jalan Asia Afrika yang mengarah ke pusat perbelanjaan FX Sudirman, Bundaran Senayan, dan pertigaan depan Lapangan Tembak Senayan.

"Kendaraan akan dialihkan di ke jalan lain di lokasi-lokasi tersebut," kata Argo.

Sementara Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa mengimbau pengendara menghindari kawasan GBK Senayan Jakarta Pusat guna menghindari kemacetan saat upacara pembukaan Asian Games 2018.

"Harapan kami mengimbau masyarakat Jakarta dan sekitarnya mohon apabila tidak berkepentingan ke arah GBK, kami sarankan untuk menghindari," kata Royke.

Royke mempersilahkan masyarakat yang menonton, undangan dan pengisi acara pembukaan Asian Games menuju GBK karena telah mengantongi tanda parkir khusus.

Petugas yang bersiaga di lapangan akan mengarahkan masyarakat atau pengendara yang menuju kantong parkir kendaraan di sekitar GBK seperti Plaza Senayan, Senayan City atau Lapangan Golf Senayan.

Royke mengungkapkan seluruh anggota kepolisian lalu lintas yang bertugas mengamankan upacara pembukaan Asian Games di Jakarta mencapai 1.812 personel.

"Personel Polantas 600 di sekitar GBK, seluruh Jakarta sebanyak 1.812 personel," ujar Royke.

Royke menambahkan petugas menyiapkan sejumlah kantong parkir kendaraan bagi pengunjung GBK antara lain di SCBD, Manggala Wanabakti, Gedung DPR/MPR RI, Gedung TVRI, Plaza Senayan, Ratu Plaza, Hotel Mulia, Senayan City dan Fairmont Senayan.

Royke menyebutkan panitia penyelenggara Asian Games dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menyediakan shuttle bus di setiap lapangan parkir.[CNN Indonesia]
Komentar

Tampilkan

Terkini