-->








Pilpres 2019: Relawan Gatot Nurmantyo Terbelah Dukung Pasangan Capres

23 Agustus, 2018, 14.20 WIB Last Updated 2018-08-23T07:20:56Z
IST
JAKARTA - Dukungan berbeda diberikan dua kelompok relawan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Setelah sebelumnya Relawan Selendang Putih Nusantara mendukung Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, kini giliran relawan Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GNR) yang menyatakan dukungan untuk Joko Widodo - Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Kelompok relawan Presidium Nasional Gatot Nurmantyo Untuk Rakyat (GNR) hari ini menyatakan bakal menyatakan dukungan kepada pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Melalui undangan yang diterima, dukungan akan dideklarasikan di sebuah restoran di Jakarta Selatan.

Sekretaris Jenderal GNR Ucok Choir membenarkan akan ada deklarasi dukungan pada Jokowi-Ma'ruf itu. Namun ia enggan menjelaskan detail perihat acara tersebut.

"Itu nanti saja saat jumpa pers," kata Ucok Khoir, saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (23/8).

Ucok juga enggan bicara banyak ketika disinggung soal keputusan yang berbeda dengan sesama kelompok relawan pro Gatot, Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN).

Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN) pada Senin lalu memutuskan akan mendukung pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Keputusan diambil setelah Gatot gagal mendapat dukungan partai politik untuk maju dalam perebutan kursi RI 1 itu. 

"Kami kecewa Bapak Gatot Nurmantyo tidak mendapat tiket maju sebagai Capres di 2019. Tapi sebagai organisasi independen kami memutuskan mendukung pencalonan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Pilpres 2019," kata Ketua Umum RSPN, Sumiarsi dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com.

Pasangan Prabowo-Sandi diusung Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, dan didukung oleh Partai Berkarya. 

Sumiarsi mengatakan telah meminta agar Dewan Pimpinan Wilayah, Dewan Pimpinan Daerah, dan cabang-cabang agar bersinergi dengan partai politik pengusung Prabowo-Sandi.

"Agar pencalonan Prabowo-Sandi bisa diterima masyarakat secara luas," ujarnya. 

Selendang Putih Nusantra mengklaim punya 29 dewan pimpinan wilayah di 34 provinsi. Menurut Sumiarsi, pihaknya kini tengah mempersiapkan pembentukan pengurus DPD dan DPC di seluruh Indonesia. 

Nama Gatot Nurmantyo sempat mencuat dalam bursa bakal calon presiden maupun wakil presiden dalam Pilpres 2019. Namun, hingga penutupan pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden pada 10 Agustus lalu, Gatot tak dipinang oleh satu pun partai politik. 

Saat ini hanya dua pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden yang telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mereka adalah pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi. 

Jokowi-Ma'ruf didukung oleh PDIP, Golkar, Nasdem, Hanura, PKB, dan PPP serta tiga parpol nonparlemen: PKPI, Perindo dan PSI. Sementara Prabowo-Sandi didukung oleh Gerindra, Demokrat, PAN, PKS dan satu parpol nonparlemen yakni Berkarya.[CNN Indonesia]
Komentar

Tampilkan

Terkini