-->








Donggala Sulteng di Guncang Gempa 6 SR

28 September, 2018, 16.11 WIB Last Updated 2018-09-28T09:11:12Z
IST
JAKARTA - Gempa 6 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Pusat gempa berada di darat, pada jarak yang dangkal.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, lewat keterangan persnya, Jumat (28/8/2019) menjelaskan gempa terjadi tepat pukul 14.00.00 WIB.

Ini adalah gempa tektonik yang semula diidentifikasi berkekuatan 5,9 SR, namun data dimutakhirkan dan akhirnya gempa diidentifikasi berkekuatan 6,0 SR. Pusat gempa terletak pada koordinat 0,40 LS dan 119,81 BT, yakni di darat pada jarak 2 km utara Kota Donggala, Kabupaten Donggala, Sulteng. Kedalamannya 10 km.


"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa bumi ini, tampak bahwa gempa bumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas di zona sesar Palu Koro. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme jenis sesar strike-slip sinistral (geser mendatar mengiri)," kata Rahmat.

Guncangan gempa terasa oleh banyak orang di Donggala. Hingga kini belum ada laporan kerusakan akibat gempa itu. Hingga pukul 14.20 WIB, ada enam gempa susulan yang telah terjadi.

Gempa ini tak berpotensi tsunami. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang menyikapi kabar-kabar yang beredar soal gempa ini.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tandasnya.[Detik Nesw]
Komentar

Tampilkan

Terkini