-->








Farah Amalia, Kerabat Fenny Steffy Burase Bungkam Usai Diperiksa KPK

06 September, 2018, 22.19 WIB Last Updated 2018-09-06T15:19:09Z
JAKARTA - Kerabat Fenny Steffy Burase, Farah Amalia, tak berkata apapun soal pemeriksaannya di KPK. Dia sebelumnya diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf.

Farah tampak mengenakan masker. Dia langsung berjalan menghindari pertanyaan para pewarta.Sebelumnya Kabiro Humas KPK Febri Diansyah menyebut Farah diperiksa soal aliran duit.

"Terhadap saksi Farah Amalia, yang merupakan kerabat dan teman Steffy Burase. Penyidik juga mendalami informasi dugaan aliran dana atau pembiayaan yang diduga dikeluarkan untuk saksi atau pihak lain," kata Febri kepada wartawan, Kamis (6/9/2018).

Dalam perkara itu, Steffy juga berstatus sebagai saksi tetapi sudah dicegah ke luar negeri. Baik Steffy maupun Farah, kediamannya sudah digeledah KPK.

Febri sebelumnya mengatakan kalau Farah diperiksa soal kepemilikan aset. Farah juga ditanyai soal hubungannya dengan Steffy.

Dalam perkara ini, KPK menetapkan Irwandi sebagai tersangka suap. Dia diduga menerima duit suap dari Bupati Bener Meriah nonaktif Ahmadi sebesar Rp 500 juta.

Uang itu merupakan bagian dari commitment fee Rp 1,5 miliar atau 10 persen demi mendapatkan ijon proyek infrastruktur yang menggunakan alokasi Dana Otsus. KPK menduga bagian 8 persen diperuntukkan bagi sejumlah pejabat di provinsi, sedangkan 2 persen di tingkat kabupaten.

Sebagian dari duit suap Rp 500 juta itu diduga akan digunakan untuk kegiatan Aceh Marathon 2018. Selain Irwandi dan Ahmadi, ada dua orang yang juga dijerat sebagai tersangka, yaitu Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri.

Dalam perkembangannya, KPK juga cukup intens memeriksa Steffy yang bahkan telah dicegah ke luar negeri. KPK menduga tahu soal aliran duit suap Irwandi.[Detik News]
Komentar

Tampilkan

Terkini