Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Ini Tips Lancar Menghadapi Tes CPNS

Share it:
IST
JAKARTA - Proses seleksi calon pegawai negeri sipil alias CPNS 2018 resmi dimulai. Penyeleksian kembali dilakukan melalui sistem terpadu daring di situs sscn.bkn.go.id.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi profesi favorit banyak orang. Banyak orang beramai-ramai mendaftar meski peluang lulus proses seleksi CPNS tak selalu besar.

Tahun ini, formasi sebanyak 51.271 posisi disediakan di instasi pusat yang terdiri dari 76 kementerian/lembaga. Selain itu, sisanya sebanyak 186.744 posisi CPNS ada di 525 instansi daerah. 

Dengan jumlah sebanyak itu, persaingan akan menjadi ketat. Tentu diperlukan persiapan matang untuk menjalani proses tersebut. Beri diri Anda waktu untuk mempersiapan tes agar lulus tes CPNS.

Berikut beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan untuk mengikuti ujian CPNS, melansir Study.com.

1. Pelajari kisi-kisi tes CPNS

Sebelum seleksi dimulai, pihak kementerian biasanya bakal memberikan kisi-kisi tentang materi apa saja yang bakal muncul saat tes. Pastikan Anda mempelajari kisi-kisi tersebut dengan baik.


2. Berlatih panduan ujian CPNS

Beberapa panduan ujian tes CPNS mudah didapatkan, baik secara daring atau dalam bentuk buku. Di sana, Anda mungkin akan menemukan beberapa contoh pertanyaan yang bisa membantu Anda belajar. 

Namun, panduan ujian ini bukan berarti soal dalam ujian. Panduan hanya dirancang untuk mempersiapkan Anda. Jadi, ingatlah bahwa soal-soal dalam ujian akan berbeda dengan panduan.

3. Buat jadwal belajar

Sisihkan setidaknya satu jam dalam sehari untuk mempersiapkan diri mengikuti tes. Cobalah lakukan hal tersebut hingga hari pelaksanaan ujian. Dengan cara ini, Anda akan mengingat apa yang telah dipelajari dan merasa lebih percaya diri saat mengikuti tes.

4. Kenali pekerjaan yang diinginkan

Ujian juga akan fokus pada tanggung jawab harian posisi yang Anda inginkan. Ini juga termasuk untuk mengetahui kemampuan Anda soal peraturan-peraturan pemerintah terkait.

Lakukan riset sebanyak yang Anda butuhkan untuk mengetahui pekerjaan yang diinginkan. 

5. Berlatih menyelesaikan tes dengan cepat

Setiap ujian mengenal batas waktu, begitu pula dengan tes CPNS. Untuk memastikan manajemen waktu tak jadi masalah saat ujian, unduh beberapa contoh soal. Gunakan contoh soal itu untuk berlatih hingga Anda mampu menyelesaikan setiap soal selama 1 menit.

Ingat, Anda tak perlu menjawab setiap pertanyaan dengan benar untuk lulus tes. Jika sebuah pertanyaan membuat Anda bingung, lewatkan saja.

7. Tenangkan pikiran

Menyehatkan otak dapat membantu Anda untuk memproses lebih banyak informasi. Selain itu, pikiran yang tenang juga mampu mencegah kecemasan yang bisa menyabotase konsentrasi saat tes CPNS.

Penelitian menunjukkan bahwa makanan kaya asam lemak omega-3 seperti kacang, minyak zaitun, dan ikan dapat meningkatkan otak Anda sebelum ujian sekaligus mengurangi kecemasan.[CNN Indonesia]
Share it:

varia

Post A Comment: