Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Hari Ini! Organisasi Pemuda Aceh Bakal Demo KPK Soal Tambang Emas di Nagan Raya

Share it:
JAKARTA - Tiga organisasi pemuda yakni SIMAK, SAPMA dan SPMA akan menggelar aksi demo di KPK RI (Kuningan), Jum'at (05/10/2018) sekira pukul 10.00 hingga 12.00 WIB. Adapun isu tuntutan yang akan disampaikan yakni tentang tolak tambang emas di Nagan Raya.

"Massa aksi juga akan meminta KPK RI mengusut keluarnya surat izin tambang  emas 10.000 hektar di Nagan Raya Aceh oleh Menteri ESDM dan Dirjen Minerba," demikian berdasarkan pesan whatsapp mesenger Senator Aceh, H. Fachrul Razi, MIP, kepada LintasAtjeh.com pagi ini.

Terkait aksi ini, Fachrul Razi sebelumnya mengungkapkan bahwa Pemerintah Pusat bermain menciptakan konflik baru di Aceh dengan mengeluarkan izin 10.000 hektare tanah pertambangan emas yang ada Nagan Raya.

Akibatnya, Warga Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya meminta pemerintah untuk menutup semua aktivitas tambang emas PT Emas Mineral Murni (PT EMM) di daerah itu. Hal itu dikarenakan telah terjadi pematokan lahan dan penambangan  besar-besaran oleh proyek. Efeknya masyarakat yang tinggal di dalam lahan terpaksa harus keluar.

"Saya khawatir terjadi freeport kedua di Aceh," kata Fachrul Razi dalam rapat DPD RI beberapa waktu lalu.
Dirinya mengecam izin yang dikeluarkan dan meminta untuk mencabut dan menutup operasional pertambangan emas besar besaran di Aceh.

"Saya meminta Presiden Jokowi mengevaluasi kementerian ESDM dan mencopot Menteri ESDM dan Dirjen Mineral dan Batubara atas kewenangannya mengeluarkan izin pertambangan emas besar besaran di Aceh," tuntutnya.

"Sebagai Senator, kapasitas sebagai anggota MPR RI, saya akan meminta Presiden Jokowi mencopot Menteri ESDM dan Dirjen Mineral dan Batubara, serta akan melaporkan ke KPK RI atas perizanan pertambangan ini," tegas Fachrul Razi.[Red]
Share it:

news

Post A Comment: