Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Bupati Mursil Berikan Apresiasi Warga Pembudidaya Lele di Aceh Tamiang

Share it:
ACEH TAMIANG - Bupati Aceh Tamiang H. Mursil SH, M.Kn, membuka acara 'Festival Perikanan Kampung Lele II' yang dilaksanakan di Dusun Makmur, Kampung Kebun Tanjung Seumantoh, Kecamatan Karang Baru, Senin (29/10/2018).

Rombongan Bupati Mursil tiba di lokasi acara sekitar pukul 09.30 WIB, dan disambut oleh Ketua KTNA Miswanto, Assistant Manager PT Pertamian EP Rantau Irfan ST, beserta segenap unsur Forkopimcam Karang Baru.

Kepala Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan Aceh Tamiang Ir Fuadi, dalam laporannya menyampaikan bahwa acara 'Festival Perikanan Kampung Lele II' merupakan ajang perlombaan kuliner tentang berbagai produk olahan makanan dengan bahan dasar ikan lele.

Fuadi turut menjelaskan bahwa sejarah terbentuknya Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) di Dusun Makmur, berawal dari inisiasi dengan pihak Pertamina Ep Rantau pada tahun 2011 lalu, yang bekerjasama dengan KTNA Kabupaten Aceh Tamiang dan Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan.

"Sekarang ini, Pokdakan Dusun Makmur, Kampung Kebun Tanjung Seumantoh telah mampu menghasilkan ikan lele sebanyak 5 (lima) ton per bulan," sebut Fuadi.

Selanjutnya, Bupati Aceh Tamiang menyampaikan harapannya semoga acara festival kuliner akan dapat dijadikan agenda tahunan. Diprediksikan kedepan peluang harga lele semakin cerah dan menjanjikan keuntungan yang bisa diandalkan.

Pasokan ikan lele di Kabupaten Aceh Tamiang seringkali harus didatangkan dari luar daerah, peluang inilah yang harus segera direbut dan disikapi oleh masyarakat Aceh Tamiang.

"Rebut peluang dengan membudidayakan ikan lele sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar. Artinya apabila ikan lele hasil panen lokal Aceh Tamiang selalu tersedia, tidak perlu lagi mendatangkannya dari luar daerah," sebut Mursil.

Pada kesempatan ini Bupati Aceh Tamiang turut menyerahkan santunan klaim asuransi nelayan sebesar Rp. 40.000.000,- kepada Ibu Salamah. 

Kemudian Bupati Aceh Tamiang meninjau lokasi kolam lele yang berada di Dusun Makmur Kampung Kebun Tanjung Seumantoh. 

Dilanjutkan dengan mengunjungi acara lomba mewarnai yang diikuti oleh anak-anak tingkat SD, dan kemudian Bupati beserta rombongan mengunjungi festival kuliner yang merupakan acara puncak dari acara festival.[ZF]
Share it:

varia

Post A Comment: