Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Warga Gampong Cot Mane Dibantu Babinsa Perbaiki Irigasi 

Share it:
ABDYA - Puluhan warga Gampong Cot Mane, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya  (Abdya) dibantu Posramil Jeumpa memperbaiki jaringan irigasi yang sudah lama rusak.

Perbaikan irigasi seadanya yang sudah beberapa tahun rusak itu dilakukan secara bergotong royong  oleh masyarakat dibantu Babinsa dan keuchik gampong setempat agar air bisa kembali dimanfaatkan masyarakat petani.

"Irigasi tersebut memang sudah lama rusak akibat diterjang banjir beberapa tahun lalu hingga kini Pemerintah belum membangunnya lagi," sebut Keuchik Gampong Cot Mane Alizar Kepada LintasAtjeh.com, Jum'at (07/12/2018).

Menurut Alizar, perbaikan irigasi itu dikarenakan saat ini sudah kembali memasuki musim tanam padi sehingga petani sawah sangat memerlukan air sebagai salah satu kebutuhan penting untuk melakukan pengolahan tanah.
"Tadi kita bersama puluhan masyarakat dibantu Babinsa membuat irigasi dengan dua batang pohon kelapa dan dua buah bronjong untuk menahan air sungai supaya air tersebut bisa kembali naik kedalam saluran yang sudah ada," jelas Alizar.

Ia juga menambahkan, upaya itu dilakukan sebagai bentuk keriusan kita dalam menyukseskan tanam serentak pada musim tanam tahun 2018-2019 yang sudah memasuki jadwal pengolahan tanah.

"Saya atas nama masyarakat mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa Posramil Jeumpa yang sudah membantu memperbaiki jaringan irigasi walaupun hanya memakai batang kelapa sebagai bahan bakunya," ucap Keuchik Gampong Cot Mane Alizar.[Adi S]
Share it:

varia

Post A Comment: