0 Tingkatkan Persatuan dan Silaturahmi, Alue Raya Gelar Maulid Akbar  - Lintas Atjeh

Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Tingkatkan Persatuan dan Silaturahmi, Alue Raya Gelar Maulid Akbar 

Share it:
ABDYA - Dua Gampong di Kecamaran Jeumpa ,Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara yang dilaksanakan rutin oleh masyarakat setempat juga sabagai ajang silaturahmi antar gampong dan juga antar Kecamatan. 

Kedua Gampong yang selalu kompak menjaga persatuan dan kesatuan dalam berbagai kegiatan keagamaan tersebut yaitu Gampong Alue Sungai Pinang dan Kuta Jeumpa setiap tahunnya melakukan Maulid Akbar secara bersama sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta Allah SWT. 

"Kita setiap tahunnya melaksanakan maulid nabi Muhammad SAW secara bersama dan itu sudah menjadi agenda Pemerintah dua Gampong dan para Teungku, cerdik pandai dan masyarakat kedua Gampong," sebut Keuchik Gampong Alue Sungai Pinang M. Daod Syah yang didampingi Keuchik Kuta Jeumpa Joni, kepada LintasAtjeh.com, Minggu (13/01/2019) usai meninjau lokasi zikir dipusat pasar daerah itu. 

Yang menarik disini jelasnya, kegiatan keagamaan apapun itu yang sipat mencari ridho Allah maka kita akan bergerak bersama bekerja bahu membahu dan melakukan kegiatan tersebut dengan rasa kebersamaan, ini menjadikan persatuan dan jalinan tali silaturahmi kami tidak terputus dengan masyarakat setempat dan gampong yang diundang. 

"Untuk tahun ini setiap dusun dalam dua Gampong mengundang gampong tetangga dalam dan luar kecamatan,"ujarnya. 
Gampong Alue Sungai Pinang mengundang 5 Gampong sebagai Tamu untuk berzikir/Berzanji diantaranya Dusun I mengundang Gampong Lhung Asan dan Lama Tuha, Dusun II Mengundang Gampong Cot Jeurat dan Dusun III Mengundang Gampong Asoe Nanggroe dan Keude Baroe. 

Sementara Gampong Kuta Jeumpa mengundang 4 Desa diantaranya Dusun I mengundang Gampong Ikhulung dan Pesantren Nurul Falah Dusun II Jeumpa Barat Gampong Padang Geulumpang Serta Dusun III Gampong Cot Mane dan Cot Jeurat. 

Selain menggelar keundiri maulid untuk tamu undangan, para pemuda setiap dusun juga memeriahkan Maulid dengan menambah menu masakan kari kambing pada setiap dusun untuk dicicipi panitia, masyarakat beserta aparatur gampong. 
"Semoga kedepan semua kegiatan keagamaan pemuda tetap bisa jaga kekompakan yang sudah berjalan selama ini dan kami sebagai panitia berharap Gampong Jeumpa Barat dan Alue Seulaseh kedepan ikut mengadakan Maulid ini secara bersama-sama,"ucapnya singkat. 

Selanjutnya kegiatan puncak dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, panitia melaksanakan ceramah agama oleh salah seorang Teungku yang berasal dari Kluet Utara Aceh Selatan.[Adi S]
Share it:

varia

Post A Comment: