Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Cerdas! 12 Hari 'Menjabat' Kabag Humas Setdakab Atam, Agusliayana Devita Gelar Acara Silaturahmi Bersama Insan Pers

Share it:
ACEH TAMIANG - Pasca dilantik sebagai Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) di Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Aceh Tamiang, pada 22 Januari 2019 kemarin, Agusliayana Devita, S.STP, M.Si, tampak berupaya mengemban tugasnya secara baik dengan mengedepankan azas musyawarah-mufakat.

Berdasarkan penelusuran LintasAtjeh.com beberapa hari lalu, Agusliayana Devita, tampak berupaya membangun semangat kekeluargaan dan menampung aspirasi seluruh bawahannya agar tercipta suasana kerja yang baik di Humas Setdakab Aceh Tamiang. 

Selanjutnya, mantan Kabag Kesra 'Cantik' tersebut memboyong beberapa bawahannya untuk 'membangun' jalinan silaturahim dengan kepala dinas beserta para pejabat di Dinas Komunikasi, Infomatika dan Persandian (Kominfosa) Aceh Tamiang.

Kemudian, alumni IPDN yang akrab dengan nama panggilan 'Devi', memohon izin kepada Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang untuk menggelar acara silaturahmi (ngumpul bersama) dengan mitra utama Humas Setdakab setempat, yakni para insan pers yang dilaksanakan pada hari ke 12 (dua belas) setelah dirinya dilantik sebagai Kabag Humas oleh Sekda H. Basyaruddin SH, yakni pada hari Jumat (01/02/2019).

Pada saat pelaksanaan acara silaturrahmi bersama insan pers yang berlangsung di Lantai 2 Warung Kopi Srikandi, Karang Baru, selaku Kabag Humas, Agusliayana Devita, S.STP, M.Si, tampak melakukan terobosan yang mendapatkan apresiasi dari banyak pihak, yakni sengaja mengandeng Kadis Kominfosa, Drs. Amiruddin Yusuf untuk sama-sama membangun keakraban dengan puluhan insan pers yang bertugas di Bumi Muda Sedia.

Dalam sambutannya, Kabag Humas Setdakab Aceh Tamiang, pertama-tama, menyampaikan ucapan salam kenal dirinya dengan seluruh rekan-rekan wartawan dari seluruh media yang bertugas di kabupaten setempat. Selaku pihak yang sedang diembankan amanah oleh pimpinan sebagai Kabag Humas dirinya berterima kasih karena bisa membangun tali silaturahmi dan ngumpul bersama para wartawan (mata dan telinga publik_red).
Pada kesempatan itu, Devi turut juga menyampaikan bahwa Bagian Humas dan Dinas Kominfosa merupakan 'mulut' dari pemerintah yang memiliki tugas serta tanggung jawab untuk mengabarkan kepada publik tentang setiap kegiatan yang telah dilakukan oleh pimpinan daerah dan para OPD setempat.

"Kami sangat berharap semoga Bagian Humas, dan Dinas Kominfosa Kabupaten Aceh Tamiang beserta rekan-rekan wartawan dapat membangun hubungan kemitraan dan saling bersinergis demi terwujudnya Aceh Tamiang yang lebih baik kedepan," pinta Devi.

Selain itu, Devi juga menuturkan, adapun tujuan dari penyelenggaraan acara silaturahmi hari ini, selain untuk saling mengenal, juga dapat dijadikan untuk berbagi cerita, serta dapat menyerap segala masukan, saran dan kritik dari para insan pers supaya kinerja Humas Setdakab Aceh Tamiang kedepan akan lebih lagi.

Lanjutnya lagi, saat ini Humas berupaya melakukan pemutakhiran data para wartawan yang ditugaskan oleh pimpinan redaksi masing-masing media untuk melakukan peliputan di Kabupaten Aceh Tamiang. Mungkin ada saat ini ada wartawan yang sudah berganti media, atau pindah wilayah liputan dan sebagainya.

"Izin saya sampaikan bahwa Pimpinan Daerah menyambut positif serta mendukung penuh upaya Bagian Humas dan Dinas Kominfosa Aceh Tamiang bersinergi dengan segenap insan pers," demikian disampaikan Kabag Humas, Agusliayana Devita, S.STP, M.Si.

Pada acara silaturrahmi tersebut, Kepala Dinas Kominfosa Aceh Tamiang mengatakan, dirinya sangat menyambut baik dan mengapresiasi acara yang diinisiasi oleh Bagian Humas. Secara kedinasan, Bagian Humas dan Dinas Kominfosa adalah unit kerja pemerintah yang bertugas untuk berkomunikasi dengan publik dalam hal, menyampaikan kerja-kerja pemerintah.

Pada saat sesi tanya jawab berlangsung dalam suasana hangat dan akrab. Sebelum menutup acara silaturahmi, Kabag Humas turut menyampaikan informasi, Insya Allah dalam waktu dekat ini akan menggelar acara Bupati dan seluruh Kepala SKPK 'Ngopi Pagi' bersama insan pers dan tokoh masyarakat. 
Sementara itu, ditempat terpisah, Ketua Dewan Penasehat DPC Persatuan Pewarta Indonesia (PPWI) Kabupaten Aceh Tamiang, Sayed Zainal M.SH memberikan apresiasi dan pujian terhadap langkah awal yang telah dilakukan oleh Kabag Humas Setdakab Aceh Tamiang yang baru, Agusliayana Devita, S.STP, M.Si.

Menurut Sayed Zainal, yang juga Penasehat Hukum Media Online TamiangNew.com dan Lentera24.com tersebut, langkah yang telah dilakukan oleh Devi, yakni langsung dengan cepat membangun sinergitas dengan Dinas Kominfosa serta wartawan merupakan langkah yang sangat tepat dan cerdas.

Sayed Zainal menjelaskan, Bagian Humas merupakan ujung tombak dalam menyampaikan program dan kinerja pemerintah. Selain itu, humas juga sebagai corong atau sumber informasi, yang dituntut kemampuannya dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman yang sangat cepat, terutama menghadapi perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi.

Sayed Zainal turut menyampaikan, pada prinsipnya, sinergitas atau hubungan kemitraan antara Humas dan wartawan dapat berjalan dengan baik dan tujuan dapat diwujudkan secara optimal, maka ada beberapa hal yang sangat penting dipahami oleh seorang Kabag Humas. 

Lanjutnya lagi, adapun beberapa hal yang harus dipahami tersebut diantaranya, mampu membangun hubungan kerja yang profesional antara Humas dengan wartawan, Humas harus mengetahui seluk beluk wartawan, termasuk irama kerjanya wartawan serta fungsi media massa, dan Humas harus memiliki kemampuan praktik jurnalisme seperti meliput wawancara, memotret, serta menulis rilis berita secara baik dan benar. 

"Selamat dan salut atas awal kerja yang telah dilakukan oleh Kabag Humas yang baru, Agusliayana Devita, harapan kami selaku masyarakat Bumi Muda Sedia semoga Humas ke depan akan lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya dan dapat memberikan informasi yang baik tentang segala kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang. Begitu juga dg Dinas Kominfosa, dengan doa, semoga cita-cita dari pimpinan daerah kita untuk mewujudkan Aceh Tamiang yang mandiri dan berdaya saing menuju masyarakat Islami dan sejahtera terwujud adanya, Aamiin," pungkasnya.[ZF]
Share it:

varia

Post A Comment: