-->




Hijaukan Gampong, Mahasiswa KKN Unsyiah Tanam 1000 Pohon di Kareung Ateuh

03 Februari, 2019, 03.46 WIB Last Updated 2019-02-02T20:46:51Z
ACEH JAYA - Mahasiswa KKN kelompok AJ 097 melakukan penanaman pohon di sepanjang jalan utama Gampong Kareung Ateuh, Kecamatan Indra Jaya, Kabupaten Aceh Jaya. Kegiatan ini digelar sebagai upaya menghijaukan gampong, mengingat kondisi di sekitar gampong masih sangat gersang akibat minimnya pohon.

Kegiatan ini dilakuan agar kawasan sekitar gampong menjadi lebih indah dan tidak lagi gersang. Penanaman dilakukan oleh mahasiswa KKN dengan bantuan warga setempat.

Taufiq Kurrahman selaku Ketua Kelompok KKN AJ 097 kepada LintasAtjeh.com dalam pesan whatsapp, Minggu (03/02/2019) mengatakan, pohon yang kita tanamkan di Gampong Kareung Ateuh sekitar 1300 batang pohon yang terdiri dari 1000 pohon glondokan tiang dan 300 pohon mangga.

"Hal ini kita lakukan karena kita melihat Gampong Kareung Ateuh sangat gersang akibat kurangnya pohon sehingga membuat iklim mikro sangat panas pada siang hari," jelasnya.

Tidak hanya penanaman saja, lanjut dia, kita juga mengadakan sosialisasi pupuk organik air beras, pelatihan pembuatan sabun dan pelatihan pembuatan nugget udang sebagai salah satu produk gampong yang nantinya bisa dijual atau juga bisa di konsumsi sendiri.

Seperti halnya tema KKN Unsyiah periode XVI tahun 2019, kata Taufiq, yaitu dengan tema "satu desa satu produk". Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kelompok kita berhasil mengeluarkan dua produk yaitu dengan mengolah udang menjadi nugget dan juga membuat sabun dengan memanfaatkan minyak jelantah, soda api (NaOH), pewarna makanan dan pewangi/parfum.
"Pastinya kita juga berharap produk yang kita sosialisasikan dan kita buatkan pelatihan bisa bermanfaat bagi warga Gampong Kareung Ateuh dan bisa menambah penghasilan penduduk dari pelatihan yang kita lakukan," demikian harap Taufiq.[*/Red] 
Komentar

Tampilkan

Terkini