0 Perhitungan Lapan, Idul Fitri Jatuh Hari Rabu 5 Juni 2019 - Lintas Atjeh

Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Perhitungan Lapan, Idul Fitri Jatuh Hari Rabu 5 Juni 2019

Share it:
JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyampaikan bahwa menurut perhitungan astronomi, tanggal 1 Syawal 1440 H atau hari raya Idulfitri 2019 jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019 mendatang. Sehingga dengan jatuhnya lebaran pada tanggal 5 nanti, umat muslim di Indonesia akan melaksanakan puasa 30 hari penuh.

"Perhitungan astronomi pada tanggal 29 Ramadan hari ini, bulan sudah berada di bawah ufuk pada saat matahari terbenam. Jadi secara perhitungan itu sudah bisa diperkirakan bahwa tidak mungkin ada rukhyatul hilal," kata Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin saat on air di PRFM, Senin (3/6/2019).

Kendati demikian Thomas menyebut hasil sidang isbat tentu harus mendengar dulu laporan dari para pemantau hilal atau pe-rukhyat yang ada. Walaupun, lanjut Thomas, perukhyat tersebut telah mengetahui posisi bulan.

"Tetapi nanti hasil sidang isbat tentu saja harus mendengar dulu laporan dari para perukhyat yang walaupun mereka sudah tahu posisi bulan sudah terbenam tetapi sesuai dengan keyakinan para perukhyat harus dibuktikan dengan hasil rukhyat," jelasnya.[Galamedianews] 
Share it:

news

Post A Comment: