0 Alam Peudeung, Simbol Kejayaan Aceh Diharapkan Kembali Berkibar - Lintas Atjeh

Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Alam Peudeung, Simbol Kejayaan Aceh Diharapkan Kembali Berkibar

Share it:
IST
ACEH TIMUR - Setelah 500 tahun berlalu, kini saatnya bendera Kesultanan Aceh "Alam Peudeung" yang merupakan simbol kejayaan Kerajaan Aceh Darussalam harus dikibarkan di Bumi Serambi Mekkah. 

Hal tersebut disampaikan Aktivis HAM, Ronny Hariyanto saat menanggapi antusiasme publik pada bendera Aceh tersebut akhir-akhir ini. 

Menurutnya, masyarakat Aceh saat ini sangat berharap simbol kejayaan Kesultanan Aceh pada masa abad ke XVI yaitu bendera "Alam Peudeung" kembali berkibar diseluruh penjuru wilayah Aceh atau "Tanah Rencong" ini. 

"Karena bendera Alam Peudeung mampu menjadi simbol pemersatu dan semangat pembangunan demi kemajuan Aceh di masa kini dan depan," ungkap Ronny saat ditemui sejumlah awak mediadi Idi Rayeuk, Selasa (30/01/2019). 

Dikatakannya, jika dilihat dari sisi sejarah bahwa rakyat Aceh berhak memiliki pandangan dan pilihanya sendiri terkait simbol kedaerahannya yang sesuai dengan konteks historisnya.

"Dalam perspektif HAM terutama bidang sipil dan politik, rakyat Aceh berhak menentukan pilihan. Namun hal itu juga harus sesuai dengan landasan sejarahnya," tukas Ronny.

Dalam pernyataannya itu, ronny juga kembali mendorong DPRA untuk segera mengesahkan bendera Alam Peudeung sebagai Bendera Aceh sebagaimana yang dimaksud.

"Sejarah membuktikan, Alam Peudeung merupakan satu - satunya bendera Aceh di masa keemasannya dulu, jadi tidak ada yang perlu diragukan lagi untuk itu," cetus Ronny.

Dia berharap, simbol kejayaan Aceh itu segera berkibar kembali, agar Aceh dapat segera fokus menatap masa depan.

"Akan sangat membanggakan dan bakal memompa semangat kita semua, jika Alam Peudeung sudah dapat dikibarkan kembali sebagaimana mestinya diseluruh Aceh sebagai simbol keagungan budayanya dalam suka cita, atas nama bangkitnya simbol kejayaan sejarah," pungkas Ronny.[*] 
Share it:

news

Post A Comment: