-->








Dandim 0107/Aceh Selatan Dukung Festival Pesona Aceh Selatan

28 Juli, 2019, 00.27 WIB Last Updated 2019-07-27T17:27:01Z
ACEH SELATAN - Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Inf R Sulistiya Herlambang mengadiri karnaval adat dan budaya yang diikuti 18 kecamatan turut menyemarakkan Festival Pesona Aceh Selatan serta Jambore PKK tingkat kabupaten di Lapangan Naga Tapaktuan, Sabtu  (27/07/2019).

Peserta karnaval secara bergiliran menyampaikan potensi wilayah masing-masing terhadap Bupati Aceh Selatan H. Azwir, S.Sos, yang didampingi, Sekdakab Aceh Selatan H. Nasjuddin, SH, MM, para Asisten, para Kepala SKPK di tribun kehormatan.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Selatan, Teuku Zulhelmi, atas nama Pemkab Aceh Selatan menyebutkan, budaya, adat istiadat dan peradapan adalah refleksi dari dinamika keseharian masyarakat.

"Rutinitas serta perjalanan  hidup dari beragam segmen dan lapisan masyakarat yang tergambar secara simbolis. Sehingga dapat berfungsi sebagai suatu penuntun yang memberi arah dan orientasi pada kehidupan," sebutnya.

Dikarenakan, lanjutnya,  kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian dari nilai, norma, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius termasuk juga masakan atau kuliner berbagai ragam dari masyarakat.

"Mengingat kondisi topografi Kabupaten Aceh Selatan sangat bervariasi, terdiri dari daratan rendah, bergelombang, berbukit, hingga pegunungan dengan tingkat kemiringan sangat curam/terjal, dengan nuansa alam terasa semakin segar," ucapnya.

Kesempatan itu, pihaknya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh bekerjasama dengan Pemkab Aceh Selatan guna menggelar event festival pesona Aceh Selatan sekaligus jambore PKK Tingkat Kabupaten.

"Dalam rangkaian acara tersebut turut disajikan masakan/kuliner khas Aceh Selatan yang dipadukan dengan budaya yang ada sehingga keberagaman ini dapat dirasakan semua masyarakat," tutur Teuku Zulhelmi.

Selanjutnya juga diadakan fun walk yang merupakan media berkumpul, olahraga ringan yang menyehatkan serta sangat efektif dalam membangun komunikasi, bersosialisasi dan kebersamaan sebagai warga masyarakat.

Sementara Dandim Aceh Selatan mengharapkan dukungan seluruh komponen masyarakat guna mengikuti dan mensukseskan event Festival Pesona Aceh Selatan ini.

"Agar destinasi dan kuliner khas Aceh Selatan dapat dikenal di semua kalangan baik lokal, nasional maupun mancanegara," tutup Dandim.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini