0 Kemendikbud Undang Bintang Sekorong Aceh Selatan ke Prambanan - Lintas Atjeh

Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Kemendikbud Undang Bintang Sekorong Aceh Selatan ke Prambanan

Share it:
YOGYAKARTA - Sanggar Bintang Sekorong (SBS) Aceh Selatan, diundang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mempresentasikan kebudayaan Keluwat Aceh Selatan pada kegiatan Kemah Budaya Kaum Muda yang digelar di Bumi Perkemahan Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 21-25 Juli 2019 mendatang. 

SBS salah satu dari 140 kelompok pemuda yang dinyatakan lolos seleksi oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI dari 735 kelompok seluruh Indonesia yang mendaftar. SBS diwakili oleh Rahman Mahlil, M.Pd (Ketua), yang beranggotakan Rasvia Sukma, S.Pd., Gr., Munawir Saputra, Sari Rahmadhani dan Muhammad Jamil.

Ketua SBS Rahman Mahlil kepada media dalam rilisnya, Selasa (16/07/2019), mengatakan materi yang akan dipresentasikan adalah terkait penurunan secara drastis jumlah penutur aktif bahasa Keluwat, keberadaan dan eksistensi tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritual kusus, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, permainan rakyat dan olahraga tradisional suku Keluwat.

"Keikutsertaan SBS dalam kegiatan Kemah Budaya Kaum Muda adalah sebagai usaha untuk menjaga dan mempertahankan budaya Keluwat, dengan harapan terciptanya masyarakat yang sadar terhadap kebudayaan Keluwat," ungkap Relawan Akar Muda Aceh Selatan ini.

Kemah Budaya Kaum Muda merupakan platform kerja budaya yang menghimpun kaum muda yang berusia antara 18 - 28 tahun untuk menjawab berbagai tantangan pemajuan kebudayaan dengan memanfaatkan kekayaan wawasan di bidang STEAM dan Revolusi Industri 4.0.[*/Red]
Share it:

news

Post A Comment: