-->




Ronny: Bendera Alam Peudeung Simbol Pemersatu dan Kejayaan Aceh

09 Juli, 2019, 01.04 WIB Last Updated 2019-07-09T03:39:02Z
ACEH TIMUR - Bendera Alam Peudeung yang merupakan simbol pemersatu "Bangsa Aceh" pada masa kejayaan Kesultanan Aceh Darussalam lalu, saat ini sangat layak dikibarkan kembali. 

Hal tersebut disampaikan Ronny, Pegiat Sosial kepada sejumlah awak media, Senin (08/07/2019), di Idi Rayeuk, Aceh Timur. 

"Sejarah membuktikan, Alam Peudeung merupakan bendera Kesultanan Aceh Darussalam yang menjadi alat pemersatu tiga Kerajaan Aceh ke gerbang kejayaan di masa lalu, sepertinya tidak ada salahnya Alam Peudeung kita kibarkan kembali demi kejayaan Aceh di masa depan," kata putra Idi Rayeuk itu. 

Sebagai warga Aceh, Ronny mengaku pendapatnya itu disampaikannya sebagai wujud partisipasi publik demi melerai kebuntuan terkait polemik bendera Aceh yang tak kunjung usai selama ini.

"Opini ini diharapkan bisa menjadi opsi yang mampu meruntuhkan kebuntuan dan membuka tabir serta ingatan publik akan sejarah kejayaan Aceh dibawah panji Alam Peudeung yang sebenarnya," ungkapnya.

Ronny juga berharap, DPRA agar mempertimbangkan untuk menangkap opsi tersebut demi memecah kebuntuan yang cendrung membeku.

"Soal bendera ini mesti segera dituntaskan. Agar kita tidak terus berputar-putar di sekitar polemik yang ada dan supaya Aceh bisa segera bangkit dengan simbol kejayaannya," cetus Aktivis HAM tersebut.

Ronny meyakini, Alam Peudeung dalam konteks identitas budaya keacehan, nantinya dapat diterima publik sebagai alternatif yang memberi ruang bagi terwujudnya persatuan serta cita-cita Aceh yang adil dan makmur.[*/Red] 
Komentar

Tampilkan

Terkini