-->








Dyah Erti Idawati: Di Aceh, Masalah Kesehatan, Imunisasi dan Sanitasi Masih Tinggi

22 Agustus, 2019, 16.25 WIB Last Updated 2019-08-22T09:25:25Z
Wakil Ketua TP PKK Aceh, Dyah Erti Idawati saat memberikan materinya pada kegiatan Stategic Moment of Reflection yang diselenggarakan oleh UNICEF Indonesia di hotel Ayana MidPlaza, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis 22 Agustus 2019.(Foto: BPPA/ Saifullah S)

JAKARTA - Wakil Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, MT, menghadiri kegiatan Stategic Moment of Reflection yang diselenggarakan oleh UNICEF Indonesia di hotel Ayana MidPlaza, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (22/08/2019).

Dalam forum tersebut, Dyah mengatakan ada tiga isu penting yang menjadi perhatian Pemerintah Aceh yang hingga saat ini terus diperjuangkan. Tiga isu tersebut antara lain masalah kesehatan, sanitasi dan perlindungan anak.

"Terkait kesehatan, 1 dari 3 anak Aceh masih menderita stunting, kematian ibu dan bayi masih tinggi, serta rendahnya cakupan imunisasi disebabkan oleh penolakan imunisasi itu sendiri dari masyarakatnya. Pun demikian, kami dalam hal ini TP PKK Aceh untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakatnya," jelasnya.

Selanjutnya, kata Istri Plt Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT itu, isu lainnya yang juga menjadi fokus dari pemerintah adalah isu sanitasi yang buruk di Aceh, rendahnya akses sumber air bersih dan kurangnya kesadaran masyarakat membuang air besar di sembarang tempat.

Adapun isu terakhir adalah perlindungan anak. Di mana kasus kekerasan terhadap anak (452 kasus) pada tahun 2018 menjadi kasus tertinggi (ke-3) di Sumatera dan tertinggi kedua di tahun 2019 (141 kasus, sampai dengan bulan April). 

"Kekerasan seksual (pelecehan, pemerkosaan, sodomi, dll) sebanyak 274 kasus, tertinggi ketiga di tahun 2018 dan tertinggi kedua di tahun 2019 (82 kasus). Dan tentu ini adalah PR kita semua untuk bersama-sama mencari solusi praktis dan berkesinambungan," jelasnya.

Hingga saat ini, Aceh menempati posisi ketiga stunting pada balita, dan posisi paling tinggi stunting pada baduta (Riskesdas 2018). Pergub Nomor 14/2019 terkait Rumah Gizi Gampong diharapkan mampu melakukan pencegahan dan penanggulangan Stunting terintegrasi di Aceh.

"Dan tentu saja PKK didukung oleh Pemerintah Aceh akan terus melakukan penanganan-penangan terkait isu di atas. kedepan, diharapkan tiga isu tersebut tidak ada lagi di Aceh, seusai dengan 15 program unggulan Aceh Hebat," jelasnya.

Untuk mengatasi isu tersebut, tambah Dyah, maka perlu ada solusi jitu yang harus dilakukan antara lain, pertama meningkatkan cakupan imunisasi dasar dan lanjutan yang melibatkan sektor terkait termasuk tokoh agama. 

"Kedua, pembentukan Rumah Gizi Gampong, dengan tujuan memprioritaskan pemberian makanan bergizi kepada balita. Dan ketiga adalah meningkatkan program Desa Ramah Anak terkait perlindungan anak," ujarnya.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini