-->








Puluhan Hektare Sawah di Abdya Direndam Banjir

25 Oktober, 2019, 21.11 WIB Last Updated 2019-10-25T14:11:28Z
ABDYA - Hujan dengan intensitas sedang yang melanda Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sejak sepekan terakir mengakibatkan, puluhan hektar sawah milik petani yang baru ditanam pada musim rendengan 2019 dilaporkan direndam banjir.

Ketua Kelompok Tani Bayem Setia, Muhammad Din kepada wartawan Jum'at (25/10/2019) membenarkan kondisi persawahan di Kecamatan Susoh direndam banjir. 

"Hingga saat ini kita perkirakan sudah sekitar 50 hektare lahan sawah di sejumlah titik di sebagian Kecamatan Susoh terendam banjir," tuturnya. 

Lanjutnya, jika musim hujan melanda Abdya, puluhan hektare sawah petani di Desa Padang Panyang, Kecamatan Susoh, hampir setiap tahunnya selalu direndam banjir. 

"Jika curah hujan tinggi, kondisi serupa kerap di alami oleh para petani hampir setiap tahun," ujar Muhammad Din.

Menurutnya, kondisi tersebut terjadi disebabkan oleh dangkalnya Muara Kuala Sangkalan Baki Susoh. 
"Karena dangkal sehingga begitu diguyur hujan air masuk dan merendam areal persawahan," katanya. 

Padahal kata M.Din persoalan tersebut bisa di atasi apa bila dilakukan normalisasi muara kuala sangkalan oleh pihak terkait. 

"Kita berharap agar masalah ini bisa mendapat perhatian dari pemerintah daerah sehingga persolan bisa diatasi," pintanya.

Dikatakan M.Din, untuk saat ini para petani yang terkena akses genangan banjir sedang melakukan gotong royong membuat saluran darurat guna mengairi air yang tergenang dalam sawah. 

"Untuk saat ini kita bersama-sama membuat saluran agar air dalam sawah bisa mengalir keluar," demikian ungkap M Din.[Adi S]
Komentar

Tampilkan

Terkini