Iklan

76 Remaja Putri Desa Geulima Jaya Dilatih Menjahit 

14 November, 2019, 11.06 WIB Last Updated 2019-11-14T04:06:07Z
ABDYA - Sebanyak 76 remaja putri Gampong Geulima Jaya, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengikut pelatihan menjahit sebagai lanjutan pogram pemberdayaan masyarakat melalui dana desa. 

Hal tersebut dikatakan Kaur Perencanaan Gampong Geulima Jaya, Lilin Sarina kepada LintasAtjeh.com, Rabu (13/11/2019) dilokasi pelatihan Gampong setempat. Menurutnya, untuk saat ini pelatihan menjahit yang dilaksanakan hanya bisa menampung peserta sebanyak 76 remaja putri dari seratus lebih peserta yang berkeinginan mengikuti pelatihan menjahit. 

Pelatihan menjahit ini lanjutnya, diawasi langsung Ketua PKK dan beberapa aparatur Gampong lainnya dengan mendatangkan pengajar yang profesional dalam bidangnya, sehingga dengan waktu singkat para peserta pelatihan menjahit bisa menguasai teknik dasar menjahit. 

"Walaupun baru tetapi sudah ada peserta yang bisa menggunakan mesin jahit, besar harapan kami sebagai aparatur Gampong para peserta fokus dalam mengikuti pelatihan ini," ungkap Lilin singkat.  

Sementara itu ditempat yang sama, TR Ubiet selaku Keuchik Gampong Geulima Jaya mengatakan, semua program yang telah disepakati bersama sudah dikerjakan sesuai anggaran yang ada pada tahap pertama dan tahap kedua. 

"Pelatihan menjahit ini menjadi kegiatan terakhir dalam penggunaan anggaran dana desa tahap kedua,"sebutnya. 

Selain itu lanjutnya, pogram pemberdayaan yang sudah dilaksanakan seperti pelatihan pembuatan sabun yang diikuti seluruh ibu-ibu Gampong setempat dan juga ada kegiatan fisik seperti pembuatan jalan rambat beton, jembatan plat, pembuatan talud pengaman jalan. 

TR Ubiet juga mengatakan, masih ada kegiatan lain yang telah masuk dalam perencanaan kegiatan anggaran dana desa tahun ini namun semua pogram tersebut akan dilaksanakan pada anggaran dana desa tahap ketiga nanti. 

"Insyaallah saat ini kami sedang mengerjakan pembuatan laporan pertanggungjawaban keuangan tahap kedua sebagai salah satu syarat untuk pencairan dana desa tahap ketiga,"ungkapnya singkat usai memantau pelatihan menjahit.[Adi S]
Komentar

Tampilkan

Terkini