0 Mantap! Tagana Abdya Bentuk Relawan Hingga ke Desa - Lintas Atjeh

Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Mantap! Tagana Abdya Bentuk Relawan Hingga ke Desa

Share it:
ABDYA - Taruna siaga bencana (Tagana) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar sosialisasi sekaligus membentuk relawan Tagana di 152 gampong dari sembilan kecamatan yang tersebar dalam Kabupaten Abdya. 

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Aceh, Alhudri berserta rombongan tersebut, berlangsung di aula kantor Bappeda Abdya, Selasa (05/11/2019). 

Kepala Dinas Sosial Abdya, Ikhwansyah dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sosialisasi yang dilakukan kepada sahabat Tagana gampong tersebut pertama dilaksanakan di Indonesia dan perdana di Provinsi Aceh. 

Pelaksanaan kegiatan tersebut, berdasarkan Peraturan Bupati Abdya Nomor 9 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa dan alokasi dana gampong. Kemudian, kata Ikhwansyah, Keputusan Bupati Abdya Nomor 481 tahun 2019 tentang pembentukan sahabat Tagana gampong dalam Kabupaten Abdya tahun 2019 serta tersedianya anggaran DPA Perubahan Dinas Sosial Abdya tahun 2019. 

"Untuk personel relawan sahabat Tagana gampong ini, kita telah merekrut tiga orang per gampong. Jadi untuk total keseluruahannya berjumlah 456 orang dari jumlah 152 gampong yang ada di kabupaten Abdya,” ungkap Ikhwansyah. 

Lebih lanjut Ia menjelaskan, kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut. Untuk hari pertama, kegiatan sosialisasi difokuskan untuk tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Blangpidie, Susoh dan Kecamatan Setia dengan jumlah peserta sebanyak 174 orang. 

Untuk hari kedua, sambung Ikhwan, kegiatan sosialisasi difokuskan untuk peserta yang berasal dari Kecamatan Jeumpa, Kuala Batee, dan Kecamatan Babahrot dengan jumlah peserta 141 orang. 
Sementara untuk hari ketiga, pelaksanaan kegiatan ini bagi peserta yang berasal dari Kecamatan Tangan-Tangan, Manggeng dan Kecamatan Lembah Sabil dengan jumlah peserta sebanyak 141 orang. 

"Pembagian hari pelaksanaan ini kita lakukan untuk efektivitas bagi peserta dalam mengikuti pelaksanaan ini. Awalnya, kegiatan sosialisasi ini kita rencanakan dilapangan terbuka di tiga titik lokasi, karena mengingat keadaan cuaca selama ini kurang bersahabat, maka kegiatan ini kami pindahkan ke aula Bappeda,” jelasnya.

Ikhwansyah menyebutkan, pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan dengan metode menyampaikan materi dan diskusi yang akan disampaikan oleh pemateri yang didatang dari provinsi maupun pemateri kabupaten sendiri. 

"Harapan kita saudara-saudara sabahat Tagana gampong ini dapat meningkatkan pengetahuan tentang tugas dan fungsi relawan serta mampu mengaplikasikannya dilapangan, baik ditahap pra bencana, saat tanggap darurat maupun pasca bencana, serta dapat membantu dalam hal penanganan bencana lainnya,” harap Ikhwansyah.

Terakhir Ia menyampaikan, pada tahun 2020 mendatang sesuai dengan maksud surat dari Kementerian Sosial RI, pihaknya juga telah memprogramkan kegiatan Tagana masuk sekolah, dengan tujuan memperkenalkan cara-cara terkait bencana dan cara-cara meneyelamatkan diri dari bancana. 

“Selain itu, kita nanti juga akan memberikan sosialisasi terkait bahasa narkoba dan langkah yang diambil oleh siswa ketika terjadinya bencana, baik bencana gempa, kebakaran, angin topan dan lain sebagainya. Intinya kejadiran Tagana kita harapkan mampu memebrerikan dampak positif bagi masyarakat kabupaten Abdya,” pungkas Ikhwansyah. 

Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Sosial Provinsi Aceh, Alhudri juga menyerahkan bantuan dari provinsi berupa satu unit motor dapur umum lapangan, 30 dus minyak goreng, 6 buah kompor, 6 buah tabung gas, 10 buah galon mineral, 20 pack gelas plastik, 6 set panci serbaguna, 2 unit tenda serbaguna, 60 lembar sajadah pendek, 300 lembar kain sarung, 10 unit rompi pelampung, 10 unit valbed dan 4 paket ware pack dan peralatan. 

Dalam kegiatan itu, ikut hadir Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, ketua DPRK Abdya, Nurdianto, Dandim 0110/Abdya, M Ridha Has, Kabag Ops Polres Abdya, AKBP Haryono, para kepala SKPK, para Camat dan tamu undangan lainnya.[Adi S]
Share it:

varia

Post A Comment: