Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

tni

Kodim 0117/Atam Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke- 71

Share it:
loading...

ACEH TAMIANG - Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0117/Atam melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Hari Bela Negara ke-71 tahun 2019, bertempat di Lapangan Makodim setempat, Kamis (19/12/2019).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kasdim 0117/Atam Mayor Inf A. Yani, Komandan Upacara Danramil 06/Mpy Kapten Inf P. Harahap, dan selaku Perwira Upacara Pasi Pers Kodim 0117/Atam Kapten Inf. Sri Indarjo. 

Upacara dilaksanakan sebagai momentum peringatan perjuangan seluruh aspek masyarakat untuk mewujudkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menanamkan kecintaan seluruh anak bangsa kepada NKRI. 

Dalam kesempatan itu, Inspektur Upacara Kasdim 0117/Atam Mayor Inf A. Yani, membacakan amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan, sejarah Hari Bela Negara berkaitan dengan memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat pada tanggal 19 Desember 1948, di Bukit Tinggi, untuk membela kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara dan upaya menunjukkan kepada negara di dunia bahwa NKRI akan tetap terus eksis untuk selama-lamanya.
Lanjut Kasdim, dewasa ini tantangan yang dihadapi bangsa dan negara, semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya. Sebagaimana diingatkan oleh Bung Karno bahwa perang modern bulan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. 

"Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga dituntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI, " katanya.
Kasdim juga menyampaikan bahwa bela negara harus disesuaikan dengan kondisi kekinian yang dihadapi oleh masyarakat secara umum serta dilandasi sinergi semua pemangku kepentingan sehingga terwujud kekuatan yang besar untuk mencapai tujuan yang besar pula. 

"Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi dan memberkati segala kesadaran, upaya dan kebersamaan bangsa kita dalam mencapai segenap tujuan dan cita-cita kemerdekaan menuju Manusia Paripurna Berdasarkan Pancasila," demikian amanat dari Presiden RI yang dibacakan oleh Kasdim 0117/Atam Mayor Inf A. Yani. [ZF]

Share it:

tni

Post A Comment: