-->

Iklan

Kunker ke Tamiang, Sekda Aceh Sidak Implementasi Program BEREH di Rantau dan Karang Baru 

06 Desember, 2019, 12.56 WIB Last Updated 2019-12-06T05:56:07Z
ACEH TAMIANG - Sekda Aceh dr. Taqwallah, M. Kes, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis (05/12/2019), dengan mengagendakan pertemuan dengan para Camat, Datok Penghulu, dan  Pendamping Desa. Selain itu, ia akan mengunjungi beberapa instansi pemerintah di dua kecamatan yang ada dalam wilayah kabupaten tersebut, yakni Kecamatan Rantau dan Karang Baru. 

Amatan LintasAtjeh.com, kunjungan Sekda Taqwallah dalam rangka peninjauan implementasi program Bersih Rapi Estetik dan Hijau (BEREH). Sebelum pertemuan akbar yang akan digelar di Ruang Sidang Utama DPRK Aceh Tamiang, saat pagi hari, sekitar pukul 07.30 WIB pagi, didampingi Sekda Aceh Tamiang, Basyaruddin, SH, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh Azhari, Kadis Kesehatan, dr. Catur Haryati, dan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Drs Zulkarnain Putra, Sekda Taqwallah berkunjung ke SMAN 1 Kejuruan Muda. 

Setibanya di sana, Sekda Aceh disambut oleh kepala sekolah dan para dewan guru, kemudian melakukan pemeriksaan ke beberapa ruangan, terutama ruang guru, toilet dan keadaan lingkungan sekolah. Sekda mengapresiasi kinerja kepala sekolah beserta seluruh civitas akademika SMAN 1 Kejuruan Muda yang telah mewujudkan program BEREH, dan berpesan semoga keadaan tersebut dapat terus dipertahankan. 

Kunjungan selanjutnya di Kabupaten Aceh Tamiang SekdaTaqwallah yang didampingi Sekdakab Basyaruddin langsung menuju ke Kantor Camat Rantau. Setelah disambut kedatangannya oleh Camat Zainuddin beserta para staf, Taqwallah langsung menuju ke beberapa ruangan kasi, kasubbag dan ruang pelayanan publik, seperti PATEN. 

Saat itu, Sekda Taqwallah juga memeriksa lingkungan di Kantor Kecamatan Rantau, dan tak lama kemudian, ia berjalan ke arah Puskesmas, untuk melakukan hal yang sama, yakni memeriksa ruangan pelayanan publik serta beberapa ruangan lainnya, lalu beranjak menuju Polindes dan Kantor Datok Penghulu Kampung Alur Manis. 

Saat berkunjung ke 4 (Empat) instansi tersebut, kepada Camat dan Kepala Puskesmas Rantau, serta Bidan Desa, dan Datok Penghulu Kampung Alur Manis, Sekda Taqwallah memberikan apresiasi terhadap kinerja mereka yang telah ikut serta mengimplementasikan Program BEREH di lingkungan kerja masing-masing. 

Ditegaskannya, supaya keadaan tersebut dapat dipertahankan. Sekda Taqwallah juga meminta supaya para aparatur yang ada di keempat instansi tersebut dapat mengoptimalkan fungsi dan kerja pelayanan publik. Kepada Camat Rantau, dirinya khusus berpesan supaya Camat sebagai pemimpin pelayanan publik di kecamatan dapat membuat inovasi-inovasi pelayanan, supaya masyarakat mendapat pelayanan yang nyaman dan terbaik. 

Kegiatan serupa juga dilakukan Sekda Taqwallah di Kecamatan Karang Baru seusai pertemuan dengan para datok penghulu se-kabupaten Aceh Tamiang. Lokasi pertama yang dikunjungi Sekda Taqwallah adalah unit usaha peternakan bebek petelur milik BUMDes Istiqomah Mandiri, Kampung Dalam. 

Sebagaimana pesannya saat pertemuan berlangsung, Sekda berpesan supaya BUMDes yang dikelola mampu memberikan sekurangnya dua manfaat, pertama, membantu mengurangi pengangguran, dan kedua, memberikan keuntungan ekonomis yang dapat menjadi pemasukan bagi kampung. 

Dari situ, Sekda Taqwallah dan rombongan bergerak menuju Puskesmas Karang Baru. setelah memeriksa beberapa ruangan pelayanan publik, Sekda kemudian menuju Kantor Camat Karang Baru. Tiba di sana sekira pukul 13.00 WIB, Sekda disambut Camat Karang Baru, Iman Suhery beserta staf. Sekda kemudian langsung menuju ke dalam kantor. Sekda kemudian memeriksa beberapa ruangan dan keadaan lingkungan kantor. Kemudian menuju Gedung Pelayanan PATEN.

Setelah mengunjungi beberapa ruangan yang berada di Puskesmas, Kantor Kecamatan dan Gedung Pelayanan Paten, Sekda menyampaikan apresiasi kepada Camat, Kepala Puskesmas dan seluruh aparatur yang ada. 

Disebutkannya, kedua instansi pelayanan publik tersebut sudah berkategori BEREH karena terlihat bersih, rapi, estetik dan hijau. Sekda Taqwallah juga berpesan, sebagai instansi pelayanan publik di kecamatan, Kepala Puskemas dan Camat dapat membuat inovasi-inovasi pelayanan, supaya masyarakat mendapat pelayanan yang nyaman dan terbaik. Kunjungan terakhir pada lawatannya ke Kecamatan Karang Baru ialah SMAN 1 Karang Baru. Setibanya di sana, Sekda langsung terkesima dengan keadaan sekolah yang sedemikian hijau. Plt Kepala SMAN 1 Karang Baru, Soraya, menjelaskan, SMA yang dikepalainya tersebut sudah bermetamorfasa menjadi "Sekolah Hijau" sejak tahun 2012. 

Dijelaskannya, sekolah tersebut bahkan pernah memperoleh Predikat Sekolah Hijau tingkat Nasional. Mendengar hal tersebut, Sekda mengatakan ia sangat senang dengan hal demikian. I

Dia pun kemudian menyempatkan untuk melihat ruangan Dewan Guru dan perpustakaan sekolah. Kepada Kepala Sekolah dan para guru yang ada, ia berpesan supaya keadaan lingkungan sekolah dapat terus dijaga dan dirawat. [ZF]
Komentar

Tampilkan

Terkini