-->




Abdya Kembali Target Panen Raya Pada Mei 2020

08 Januari, 2020, 19.43 WIB Last Updated 2020-01-08T12:54:36Z
ABDYA - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten setempat, menargetkan panen raya padi musim tanam (MT) Rendengan tahun 2020 pada bulan Mei. 

Hal tersebut sesuai dengan kesepakatan antara Pemerintah dengan dengan para petani yang diwakili oleh Keujreun, Hob Keujreun serta Keujreun Chik serta anak sawah lainnya pada musyawarah jadwal turun kesawah MT Rendengan 2020 di Aula Rapat BPP Blangpidie. Rabu, (08/01/2020). 

Dalam musyawarah tersebut ikut dihadiri, Bupati dan Wakil Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dan Muslizar MT serta Dandim 0110/Abdya, Letkol Czi M Ridha Has, Ketua DPRK Abdya, Nurdianto serta kepala Distanpan Abdya serta sejumlah pejabat terkait itu, menyepakati pada Minggu pertama dan kedua Januari akan dilaksanakan Kenduri Ulee Lhueng disembilan kecamatan.

Selanjutnya, pembersihan tali air dimulai Minggu pertama hingga Minggu ketiga Januari, pengolahan tanah dimulai Minggu kedua Januari hingga Minggu ketiga Februari dan untuk persemaian benih dijadwalkan pada Minggu keempat Januari hingga Minggu keempat Februari. 

Pada Minggu ketiga Februari hingga Minggu keempat Maret dijadwalkan masa penanaman dengan waktu pemeliharaan ditargetkan awal Maret hingga Minggu ketiga bulan April, sedangkan untuk masa panen ditargetkan Minggu ketiga April hingga akhir bulan Mei 2020. Selain menetapkan jadwal, dalam musyawarah tersebut juga membicarakan berbagai kendala yang dialami oleh sebagian petani pada sejumlah kecamatan dalam Kabupaten tersebut. 

Sejumlah kendala yang menjadi prioritas itu yakni, kendala saluran air dan beberapa irigasi yang jebol pasca hujan. Terkait hal tersebut, Bupati Abdya, Akmal Ibrahim menegaskan, akan melakukan langkah penanganan yang melibatkan segala unsur terkait agar tidak terjadi hambatan dan jadwal yang sudah disepakati berjalan dengan lancar. 

"Semua laporan akan kita sikapi dan kita lakukan penanganan dengan tanggap darurat, disamping segala alsintan akan kita kerahkan dari hand traktor, traktor 4 WD, Combine, supaya target kita pada bulan Mei sudah masuk masa panen,” tegas Akmal. 

Pada kesempatan itu, Akmal juga meminta keseriusan para petani serta pihak terkait lainnya untuk menindaklanjuti hasil musyarawah tersebut. 

"Hasil musyawarah sudah kita sepakati, jadi harus kita jalani bersama,” tegasnya[Adi S].
Komentar

Tampilkan

Terkini