-->








Banda Aceh Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 4.5

18 Januari, 2020, 22.40 WIB Last Updated 2020-01-18T15:48:57Z
BANDA ACEH - Wilayah Banda Aceh diguncang gempabumi tektonik, Sabtu (18/01/2020) sekitar pukul 08.55.29 WIB. Berdasarkan hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan Magnitudo 4,5.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan mengatakan, episenter gempa terletak pada koordinat 4,48 LU dan 95,53 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 18 km barat daya Calang, Aceh Jaya pada kedalaman 62 km.

Edison juga menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Lanjutnya, adapun dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat, berupa guncangan dirasakan di wilayah Lamno pada skala III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah/terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu) dan Banda Aceh, serta Aceh Jaya pada skala II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya," demikian disampaikan Kepala (BBMKG) Wilayah I Medan. [*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini