-->








Banjir Luapan Rendam Puluhan Rumah Warga Abdya

10 Januari, 2020, 14.32 WIB Last Updated 2020-01-10T07:32:31Z
ABDYA - Hujan deras serta angin kencang yang melanda Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sepanjang sore tadi membuat rumah warga direndam air akibat luapan sejumlah sungai.

Menurut laporan dari Tagana Abdya yang diterima LintasAtheh.com, Kamis (09/01/2020), sebanyak 70 unit rumah warga mengalami dampak akibat bencana tersebut. 

"Data sementara yang kita peroleh sebanyak 70 unit rumah warga yang terdampak banjir. 70 rumah tersebut tersebar dalam Kecamatan Balngpidie, Susoh dan Kecamatan Kuala Batee. Itu sudah termasuk dampak dari puting beliung dan kerusakan akibat tumbang pohon," ungkap Ketua Tagana Abdya, Yasri. 

Selain rumah warga tambah Yasri, akibat hujan deras dan angin kencang tersebut juga berdampak pada SMP 2 Susoh. Kemudian, katanya, hingga malam ini dikawasan Gampong Kuta Bahagia Kecamatan Blangpidie dan Gampong Pawoh Kecamatan Susoh masih digenangi air. 

"Dari hasil laporan yang kita terima dari sahabat Tagana Gampong, ketinggian air diperkirakan mencapai setengah hingga satu meter. Sementara di Gampong Kuta Bahagia ketinggian airnya bisa lebih tinggi lagi, sebab kawasan itu sangat dekat dengan Krueng Beukah," ujar Yasri. 

Sementara itu, di Kecamatan Kuala Bate, kawasan Dusun Alue Diwi, Gampong Alue Padee, air sudah mulai menggenangi badan jalan hingga setengah meter lebih dan Kecamatan lain, ketinggian air bervariasi menurut tinggi rendahnya pemukiman warga. 

"Saat ini kita bersama Dinas Sosial sedang terjun kelapangan untuk melakukan pendataan terkait dampak banjir. Kita berharap masyarakat tetap waspada dan siaga, sebab hingga saat ini Abdya masih dilanda hujan dengan intensitas lebat dan ringan," singkat Yasri.[Adi S]
Komentar

Tampilkan

Terkini