-->

Iklan

Ini Tim Pansus DPRK Langsa

07 Januari, 2020, 15.30 WIB Last Updated 2020-01-07T08:30:39Z
LANGSA - Guna meningkatkan tugas pengawasan dan percepatan PAD, DPRK Langsa telah menetapkan Tim Panitia Khusus (Pansus) pada rapat Paripurna 30 Desember 2019 lalu. 

Hal itu disampaikan Saifullah, Wakil Ketua I DPRK Langsa dari Fraksi Golkar saat ditemui LintasAtjeh.com di ruang kerjanya,  Selasa (07/01/2020). 

"Penetapan Tim Pansus dalam rangka pengawasan dan percepatan PAD pada rapat di Aula Paripurna yang dibacakan oleh kabag persidangan, Ali Indra. Senin, 30 Desember 2019 lalu," tegas Saifullah. 

Ia menjelaskan, sebelum pembentukan Tim Pansus, telah dilakukan rapat fraksi yang dihadiri oleh ketua kelima fraksi di DPRK Langsa. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

"Hasil dari rapat tiap fraksi dibawa ke panitia musyawarah (Panmus). Setelah disetujui panmus, maka dibuatlah rapat pembentukan pansus terkait dengan pengawasan dan percepatan PAD yang menjadi lending sektor di Kota Langsa," ujar Politisi dari Partai Golkar itu.

Saifullah memaparkan bahwa dibentuknya ini, untuk mengevalusi kembali bersama Pemko Langsa selaku mitra kerja dalam pengawasan dan percepatan PAD agar lebih terbuka, bukan untuk menyalahi pihak pelaksana seperti pendapatan pajak hotel dan lain-lain.

"Targetnya bukan hanya PAD namun sesuai dengan fungsi DPR salah satu pointnya adalah pengawasan," kata Saifullah.

Lanjutnya, dalam PP no 12 tahun 2018 yang berbunyi tim pansus merupakan utusan dari komisi yang dikirim melalui fraksi. Kemudian Ketua dan Wakil Ketua dipilih oleh anggota pansus itu sendiri. 

"Setelah ditetapkan 9 orang keterwakilan, kemudian diadakan musyawarah dan mufakat untuk kebersamaan maka terpilihlah Ketua Pansus Helmi Mirza (PNA) dan Wakil Ketua Drh H Rubian Harja (Golkar)," bebernya menjelaskan.

Adapun anggota Tim Pansus tersebut adalah Maimul Mahdi, S.Sos.I (PA), Burhansyah, SH (PA), Irwanto (Gerindra), Ir. Zulfikar (PD), Noma Khairi, SKH (PKS), Faisal, Amd (Hanura), Pangian Widodo Siregar (Hanura) yang menjadi keterwakilan dari 4 komisi yang ada di DPRK Langsa.

"Dengan telah terbentuknya pansus tersebut, kita berharap kinerja yang lebih baik, artinya bukan periode sebelumnya tidak baik namun saat ini dan kedepannya kita harus lebih baik menunjukkan kinerja pada masyarakat yang telah memilih kita di Pemilu lalu," sebut Saifullah.

"Saya dan Ketua serta Wakil Ketua II, Ir Joni akan bekerjasama menerima dan mengawasi hasil kinerja tim pansus serta memberikan masukan-masukan positif," tandas Saifullah.

Sementara itu, Helmi Mirza, Ketua Tim Pansus DPRK Langsa saat dimintai tanggapannya mengatakan bahwa setelah ditetapkan ini, kita akan menyegerakan rapat internal untuk menetapkan agenda agar tepat sasaran.

"Dalam musyawarahnya nanti, kita akan mengundang semua lending sektor terkait PAD dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kinerja pansus," ujar Helmi. 

Selanjutnya, sambung Helmi, kami berkoordinasi dengan Pimpinan DPRK dan Pemko Langsa, karena ini terkait dengan pelaksanaannya sementara kita akan terus melakukan pengawasan sesuai dengan fungsinya secara objektif dan selektif. 

"Untuk itu, saya berharap dukungan, do'a dan saran dari masyarakat, agar kami dapat menjalankan amanah ini secara maksimal," pungkas Helmi.[Sm] 
Komentar

Tampilkan

Terkini