-->

Iklan

Sepuluh Bukti Bahwa Bercinta Itu Menyehatkan Buat Tubuh

11 Januari, 2020, 15.22 WIB Last Updated 2020-01-11T12:14:46Z


Reaksi tiap tiap orang akan sangat berbeda ketika mendengar kata ajaib "SEKS" ini disebut. Tidak dapat dipungkiri bahwa reaksi yang beragam dari tiap individu  sangat dipengaruhi oleh budaya, agama, adat istiadat, kebiasaan, pergaulan, dan terakhir wawasan atau pengetahuan ilmiah tentang seks itu sendiri.

Tentu bagi seluruh makhluk hidup yang ada di alam semesta, seks adalah kebutuhan untuk reproduksi. Namun bagi manusia, ada kalanya seks digunakan sebagai sarana rekreasi yang dapat menyenangkan suasana batin.

Selain itu, sering melakukan hubungan seks dengan pasangan kita ternyata juga dapat membawa segudang manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat seks untuk kesehatan tubuh? Cari tahu dalam artikel ini, yuk!

Mengenal berbagai manfaat bercinta bagi kesehatan

1. Mencegah sakit jantung

Homosistein adalah zat kimia dalam tubuh yang jika jumlahnya berlebihan bisa menyebabkan pembekuan darah di jantung. Membekunya darah di jantung ini membuat Anda rentan kena serangan dan gangguan jantung lainnya.
Sejumlah penelitian membuktikan bahwa berhubungan seks dapat membantu mencegah penumpukan zat homosistein dengan cara mendorong sirkulasi darah.

2. Tidur jadi lebih nyenyak

Anda mungkin langsung mengantuk dan lelah sehabis menikmati seks. Tenang saja, Anda tidak sendirian. Justru ini bisa jadi manfaat bercinta untuk kesehatan Anda.
Pasalnya, Anda jadi tidur lebih nyenyak. Setelah orgasme, tubuh manusia memang akan melepaskan hormon prolaktin yang bisa membuat Anda sangat nyaman dan gampang mengantuk. 

3. Meningkatkan fungsi otak

Penelitian telah menemukan bahwa orang-orang yang berhubungan intim secara rutin fungsi otaknya bisa meningkat. Sebuah studi dari Oxford University di Inggris ini juga mengatakan bahwa manfaat bercinta ini akan turut mendukung daya ingat Anda. Saat bercinta, ada banyak sel-sel baru di otak yang tumbuh dan proses peradangan juga akan berkurang.

4. Mencegah penuaan

Dr. David Weeks, dokter psikologi dari Royal Edinburgh Hospital di Inggris menyebut bahwa seks yang memuaskan memang bisa membuat kualitas hidup Anda jadi bertambah.
Selain itu, berhubungan seks juga membantu mencegah penuaan di wajah, baik untuk pria maupun wanita. Lebih jauh, dr. David Weeks menjelaskan bahwa orang yang rutin bercinta cenderung terlihat beberapa tahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya.

Ini diduga karena pelepasan hormon HGH dan endorfin sehabis bercinta dapat memperbaiki kesehatan kulit Anda dengan mencegah kendur dan keriput.

5. Membantu mengurangi rasa sakit

Rasa sakit dan nyeri memang bikin tidur atau aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Tahukah Anda, berhubungan seks bisa mengurangi rasa nyeri di tubuh? Ya, orgasme yang menstimulasi aliran darah bisa membuat nyeri di bagian tubuh tertentu, misalnya di kepala, jadi sedikit berkurang.

Tak cuma sakit kepala, berhubungan seks sebelum haid bahkan bisa meredakan gejala-gejala PMS seperti nyeri atau kram perut.

Dr. Alyse Kelly-Jones, seorang spesialis kandungan sekaligus pembicara dari Amerika Serikat juga menyatakan bahwa orgasme mampu memperkuat otot dasar panggul dengan cara memperbaiki aliran darah ke alat kelamin. Hal tersebut bisa membantu mengurangi kram saat haid.

6. Mengurangi stres

Manfaat bercinta untuk kesehatan bisa dirasakan ketika hormon dopamin dan endorfin yang dilepaskan membuat Anda merasakan nikmat, puas, dan leganya orgasme setelah bercinta.

Berhubungan intim juga merupakan sebuah aktivitas fisik yang menyenangankan dan dapat meningkatkan suasana hati Anda serta mengurangi munculnya sinyal stres yang dikirim ke otak.

7. Membakar kalori 

Dr. Naomi Greenbalt, seorang spesialis kesehatan jiwa yang juga menjabat sebagai direktur medis di klinik The Rocking Chair New Jersey mengatakan bahwa bercinta bisa membaka hingga 250 kalori.

Ya, setelah bercinta Anda mungkin akan terengah-engah kehabisan dan napas dan merasa lelah layaknya orang yang habis berolahraga. Itulah kenapa seks bisa jadi cara seru nan nikmat untuk membakar kelebihan kalori dalam tubuh.

Jadi, sudah terbukti bahwa bercinta itu baik bagi kesehatan tubuh manusia, bukan? Jangan ragu lagi untuk mengajak pasangan bercinta malam ini.

8. Perkuat daya tahan tubuh

Menurut pakar kesehatan seksual. dr, Yvonne Fulbright, Ph.D, orang yang sering bercinta lebih jarang sakit daripada yang jarang berhubungan seks. Hal ini juga bisa dikatakan bahwa berhubungan seks bisa melindungi tubuh Anda dari bakteri atau virus penyebab penyakit.

9. Mood booster

Saat berhubungan intim, ada sejumlah hormon endorfin yang dikeluarkan dari tubuh Anda. Senyawa ini dikeluarkan tubuh saat berhubungan dan dapat memengaruhi perasaan Anda. 

Ketika tubuh mengeluarkan hormon ini, mood Anda jadi akan merasa enak, dan efek lain yang bisa dirasakan adalah seperti tingkat marah-marah dan rasa ada nya depresi yang berkurang.

Selain itu, ada hormon lain oksitosin yang keluar apabila dilepaskan dengan stimulasi puting susu dan aktivitas seksual lainnya. Hormon ini efeknya mirip dengan manfaat pada ibu menyusui. Di mana saat hormon oksitosin lepas, tubuh dapat menciptakan perasaan tenang dan puas.

Saat bercinta dan akhirnya Anda orgasme, ada hormon prolaktin yang lepas keluar dari dalam tubuh Anda. Prolaktin berperan penting untuk membuat tidur lebih nyenyak.

10. Meningkatkan libido

Banyak peneliti yang menyatakan bahwa berhubungan seks secara aktif bisa bikin kehidupan seks Anda dengan pasangan jadi menyenangkan. Berhubungan seks minimal 2 kali dalam seminggu juga bisa meningkatkan hasrat seksual seseorang dan meningkatkan jumlah cairan pelumasan vagina.

Selain itu, rajin berhubungan intim bagi wanita juga bisa bikin PMS jadi lebih ringan dan tidak terlalu sakit. Sedangkan untuk pria, bercinta cukup sering bisa mencegah adanya risiko kanker prostat.[hellosehat.com]

Komentar

Tampilkan

Terkini