-->


Cegah Dini Corona, Kodim Aceh Barat Semprotkan Disinfektan di Tempat Publik

27 Maret, 2020, 22.52 WIB Last Updated 2020-03-27T15:52:02Z
LINTAS ATJEH | ACEH BARAT - Dalam upaya cegah dini merebaknya Virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19), berbagai upaya dilakukan oleh Kodim 0105/Aceh Barat bersama dinas terkait di Kabupaten Aceh Barat untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dengan menyemprotkan cairan Disinfektan di sejumlah sarana ibadah dan fasilitas umum (sarana publik) yang ada di Kabupaten Aceh Barat, Kamis (26/03/2020).

Sebagai bagian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, TNI juga merupakan salah satu profesi yang tidak masuk dalam himbauan Pemerintah Pusat untuk mengisolasi diri dirumah. TNI bersama sejumlah Profesi lainnya seperti Institusi Polri dan tenaga kesehatan (Medis) masih terus bekerja untuk memastikan penanganan Virus Corona agar tidak semakin parah.

Dikatakan, Virus Corona merupakan ancaman bagi masyarakat yang tidak dapat disepelekan. Kodim 0105/Abar mengambil kebijakan untuk mendukung secara penuh Pemerintah Pusat maupun Daerah dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Dandim Aceh Barat Letkol Kav Nurul Diyanto, S.Pd, yang memantau pelaksanaan penyemprotan ini mengutarakan, langkah ini sebagai ikhtiar Kodim Aceh Barat dalam mencegah wabah Virus Corona dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke sejumlah sarana ibadah dan fasilitas umum lainnya.

"Mudah mudahan ikhtiar kita untuk mencegah Corona ini berhasil. Semoga tidak akan ada kasus Corona terutama di Kabupaten Aceh Barat," do'a Dandim Nurul.

Lanjut Dandim, kepada masyarakat diminta tidak panik dan tetap waspada karena Pemerintah telah berupaya semaksimal mungkin. Kendati demikian, dengan adanya penyemprotan Disinfektan ini harus didukung juga dengan gerakan mandiri mengisolasi diri di rumah masing-masing. Serta mematuhi anjuran pemerintah untuk menerapkan social distancing.

Social Distancing perlu dilakukan agar rantai penyebaran Virus Corona segera terputus. "Inti dari Social Distancing sendiri adalah pembatasan interaksi sosial dengan disiplin, perlu kesadaran pribadi dan perhatian dari aparat agar pelaksananya dapat berhasil optimal," ujarnya.

"Buat seluruh warga masyarakat yang ada di wilayah Aceh Barat, Kami harap bisa menjaga diri dan keluarga agar tetap di rumah, hindari tempat tempat keramaian serta menerapkan Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS)," imbau Letkol Nurul.

Dijelaskannya, dari ini seluruh rumah ibadah dan fasilitas umum akan disemprot disinfektan agar tidak mengendap Virus Corona dan virus lainnya. Sekali lagi kami meminta kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah selama masa isolasi yang telah ditentukan oleh Pemerintah. "Kamu di rumah untuk kami dan kami tetap bekerja untuk kamu," tegas Dandim Aceh Barat tersebut.

Selain penyemprotkan cairan disinfektan di sejumlah fasilitas umum, juga dilakukan kampanye social distancing kepada masyarakat melalui pengeras suara dengan menggunakan kendaraan patroli Kodim.

"Kami menghimbau agar masyarakat tidak panik dan tetap tenang serta banyak beribadah dan berdoa kepada Allah SWT. Kemudian selalu menjaga pola hidup yang sehat, makan yang sehat, cuci tangan dengan air bersih dan yang mengalir. Kurangi aktivitas di luar rumah, hindari kerumunan massa, hindari keramaian, cukup berada di rumah kecuali ada kepentingan yang mendesak baru keluar dari rumah," terangnya.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk patuh dan disiplin dalam pembatasan interaksi ini. Jika memungkinkan untuk bisa bekerja, belajar dan beribadah di rumah masing-masing untuk mengurangi dampak penyebaran Virus Covid-19," himbau anggota Kodim melalui pengeras suara.

Pantauan di lapangan, Anggota Kodim Aceh Barat melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah ibadah dan sarana publik yang letaknya tersebar. Diantaranya masjid, terminal, kantor pemerintahan dan fasilitas umum lainnya. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penularan wabah Virus asal Kota Wuhan (China).

Turut serta dalam kegiatan tersebut Pemda Aceh Barat, Polres Aceh Barat, Dinas Kesehatan Aceh Barat, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Barat dan BPBD Aceh Barat.[Pen IM]
Komentar

Tampilkan

Terkini