Iklan

Cara Mengelola Stress dan Emosi Negatif

29 Juni, 2020, 07.07 WIB Last Updated 2020-06-29T00:18:07Z

SETIAP orang pastinya pernah mengalami stres dan pasti memiliki berbagai masalah baik itu masalah kecil maupun masalah besar. 

Diantara masalah umum yang dialami setiap orang atau terjadi di kehidupan nyata diantaranya mengenai cinta, kesehatan dan keuangan. 

Dan masih banyak lagi masalah yang dihadapi semua orang tapi kita sebagai manusia harus memiliki masalah karena dari masalah itu kita bercermin atau belajar. 

Jangan pernah menghindari setiap masalah yang ada tapi kita harus menyelesaikannya dengan baik. 

Pertama saat ingin menyelesaikan masalah jangan dalam keadaan hati yang sedang emosi, karena kadang kala orang yang mempunyai masalah dan sedang emosi, bingung akan apa yang harus mereka lakukan. 

Jika belum menemukan solusi akan permasalahan mereka, terus mengingat dan memikirkan apa yang akan terjadi kedepan, bagaimana jika ini terjadi, bagaimana dengan perkataan orang selanjutnya. Sehingga pusing sendiri, bingung sendiri akan masalah mereka, terjadilah strees dan depresi karena tidak dapat menyelesaikan masalah mereka. 

Ketenangan diri menjadi patokan utama bagi seseorang untuk dapat berfikir secara jernih. Karena emosi yang negatif dan pikiran yang negatif terkadang justru membuat keadaan semakin rumit, bukan malah teratasi. 

Artinya, mungkin saja emosi dan pikiran negatif yang anda luapkan akan memberikan kelegaan dalam diri, namun itu bisa berdampak negatif kepada lingkungan yang ada di sekitar. 

Diantara cara yang tepat untuk mengelola stress dan juga emosi negatif adalah dengan memakai writing therapy atau terapi menulis. 

Terapi menulis ini bisa menjadikan emosi anda tersalurkan dengan sangat baik. Bahkan, ini bisa menjadi metode pengelolaan emosi yang sangat aman dan tanpa adanya efek samping.

Penulis: Muslim Arpan (Mahasiswa Ilmu Politik FISIP UIN Ar Raniry Banda Aceh)
Komentar

Tampilkan

Terkini