-->

Iklan

Bersihkan Area RSYA Tapaktuan, TNI/Polri dan Dinas Terkait, Siap Dukung Pemda Dalam Penangan Covid-19

27 Agustus, 2020, 14.13 WIB Last Updated 2020-08-27T07:13:32Z


LINTAS ATJEH | ACEH SELATAN - Menindak lanjuti Instruksi Bupati Aceh Selatan Tgk Amran terkait pengaktifan Gedung B pada Rumah Sakit Umum Yulidin Away Tapaktuan untuk penyiapan ruangan perawatan dan penanganan pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) terkonfirmasi positif Covid-19.

Personil TNI/Polri dari Kodim 0107/Aceh Selatan, Yonif RK 115/Macan Leuser, Polres Aceh Selatan dan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pos Tapaktuan diterjunkan untuk membantu membersihkan gedung yang dimaksud yang dipimpin oleh Bati Tuud Koramil 01/Tapaktuan Peltu Wahdi, Kamis (27/08/2020).

Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf R Sulistiya Herlambang HB menuturkan, kegiatan tersebut bentuk dukungan TNI kepada Pemerintah Daerah dan keikutsertaan TNI dalam penanganan Covid-19 khususnya di Kabupaten Aceh Selatan.

" Sesuai dengan arahan dari satuan atas, bahwa setiap daerah harus mempersiapkan satuan Covid-19, Kegiatan ini merupakan salah satu sebagai bentuk dukungan kepada Satgas Covid-19 Kabupaten aceh selatan." tutur Dandim yang juga merupakan Wakil Ketua 1 Satgas Covid-19 Kabupaten Aceh Selatan. 

Lebih lanjut Dandim menyebutkan, sasaran pembersihan mulai dari diluar ruangan hingga ke dalam ruangan Rumah Sakit Yulidin away yang diketahui ruangan Gedung B RSYA sebelumnya dipergunakan untuk perawatan bagi pasien seperti penyakit dalam dan penyakit ringan lainnya.

"Hari ini kita maksimalkan pembersihan di lantai empat dan seterusnya akan di lanjutkan pada ruangan di lantai dua dan tiga. Kegiatan pembersihan ini juga hingga gedung B ini benar-benar siap untuk diperuntukan merawat pasien terkinformasi covid-19 yang bersifat OTG." jelas Dandim. 


Sementara itu, Direktur RSYA Tapaktuan dr. Erizaldi Sp.OG.M.Kes menyampaikan, kegiatan ini dilakukan guna menyiapkan satu gedung khusus untuk penanganan dan perawatan pasien Covid-19 yang bersifat OTG. 

" Hal ini atas koordinasi pihak RSYA dengan Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan selaku Wakil Ketua 1 Satgas Covid-19 Aceh Selatan untuk membantu kita membersihkan Gedung B ini." Ujarnya

Ia menambahkan, dengan akan diaktifkan Gedung B itu untuk pasien terkonfirmasi Covid-19, maka pasien yang sedang dirawat atas gelala penyakit bukan Covid -19 akan dipindahkan ke Gedung C. 

"Insya Allah rencananya mungkin hari sabtu kita sudah mulai mengopresikan ruangan ini terutama lantai 4 untuk penanganan kasus-kasus yang pasien tanpa gejala, targetnya hari ini kita kerja untuk membersihkan semua area gedung B ini." tutupnya. (KGB/Pendim Asel)
Komentar

Tampilkan

Terkini