-->

Iklan

Semarakkan HUT ke-75 RI, Meriah Lomba Burung Tekukur Pemuda Gampong Kedai Kandang

18 Agustus, 2020, 15.39 WIB Last Updated 2020-08-18T08:49:06Z
LINTAS ATJEH | ACEH SELATAN - Semarak meriah HUT RI ke-75 tahun 2020, Pemuda Gampong Kedai Kandang, Kecamatan Kluet Selatan, Aceh Selatan, Senin (17/08/2020), mengadakan perlombaan burung tekukur (Balam).

Lomba Tekukur Pemuda  Cup I itu digelar di arena lomba jalan pendidikan, Gampong Kedai Kandang, Kluet Selatan. Lomba yang diikuti puluhan peserta se-Pulau Kandang. Kegiatan itu dibuka oleh Akmal Rahmadi didampingi Ketua Pemuda Karnilis sebagai panitia acara lomba.

Ketua Panitia Akmal Rahmadi, SH, mengatakan Lomba Burung Tekukur Pemuda Cup I ini diikuti sebanyak 15 peserta dengan kategori lokal. Selain memperebutkan piala dan piagam, juga disiapkan hadiah berupa uang tunai alakadarnya.

“Yang dinilai dari lomba tekukur ini adalah jenis variasi burung, keunikan suara, panjang suara burung, keunikan kandang, kebersihan dan kesehatan burung," jelasnya.

Dia melanjutkan, lomba tekukur yang pertama kali di Kedai Kandang ini juga digelar untuk menjalin silaturrahmi antara penggiat atau penghobi burung tekukur.

“Dengan diadakannya lomba ini diharapkan kedepan dapat membangkitkan para penggemar, membangkitkan perawatan burung tekukur. Disamping itu event ini kita diharapkan mampu meningkatkan Semangat Juang di Hari Kemerdekaan RI yang ke-75 tahun," ungkapnya.

Sementara Kudus Amin selaku Koordinator Sahabat Pencinta Burung Gampong Kedai Kandang mengatakan, lomba burung tekukur merupakan salah satu keunikan tradisi budaya yang diharapkan berdampak positif.

“Lomba ini selayaknya terus kita lestarikan sehingga nantinya bisa menjadi salah satu atraksi budaya yang menarik untuk meningkatkan kekompakan sesama ke pemudaan, disamping juga sebagai wujud pelestarian keragaman dan kecintaan terhadap burung tekukur,” ujarnya.

Sementara Akmal Rahmadi, SH, juga mengapresiasi anggota Lomba Burung Tekukur Kepulauan Kandang Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan, karena sudah mampu menyelenggarakan lomba ini.

“Saya berharap kegiatan semacam ini bisa dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan,” pungkasnya. [*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini