-->








Tertarik Pesona Janda Bolong, Mahar Mahal!

07 Agustus, 2020, 16.47 WIB Last Updated 2020-08-07T09:47:05Z
Tanaman Janda Bolong. //Tokopedia
LINTAS ATJEH | JEMBER - Bagi Anda plant lovers dan plants collector, tentu sudah tak asing dengan bunga ‘janda bolong’ alias janbol yang sedang hits saat ini.
Bagi Anda yang tidak terlalu maniak dengan bunga, mungkin merasa heran dengan namanya sekaligus penasaran dengan harganya.
Dikutip dari laman Klikhijau, bunga Janda Bolong memiliki nama asli monstera adansonii variegated. Tanaman ini merupakan family araceae. Salah satu tanaman tropical plants (tanaman kekinian) yang sedang diminati dan dicari oleh plant lovers dan plants collector karena keistimewaan variegated-nya.
Nama Janda Bolong disematkan warga +62 ke tanaman ini karena memiliki kekhasan dari penampakan dedaunnya yang bolong atau berlubang.
Lubang di daun tanaman ini bukan karena penyakit atau serangan hama. Melainkan sesuatu yang otentik. Ini yang menyebabkan harganya jadi melangit. Selain itu, varietas satu ini tergolong langka.
Ada dua jenis monstera yang biasa ada di Indonesia, yaitu adansonii dan epioremiodes. Adansonii memiliki ciri khas: daun lebih oval, warna hijau tua dan bolongnya lebih kecil. Sedangkan epipremiodes memiliki corak daun panjang, warna daun hijau muda dan bolong daunnya lebih banyak dan besar.
Mengenai harganya, bergantung pada kualitas dan kelangkaannya. Bila variegatnya bagus atau ukurannya yang besar, harganya tentu lebih mahal.
Adansonii yang varigatnya bagus dan seimbang antara putih dan hijau, berdaun lebar antara 15 cm hingga 80 cm dibanderol sekitar 10 juta rupiah bahkan lebih. Sedangkan yang biasa, dijual seharga 1 juta rupiah.
Karena sedang menjadi primadona, bunga ini banyak dijual baik offline maupun online. Juga banyak dijual di beberapa marketplace dengan harga yang cukup fantastis.
Ada yang dihitung berdasarkan pohon, ada yang dihitung berdasarkan helai daun. Tak mengherankan jika ada yang membandrol harga hingga puluhan juta rupiah.[Portal Jember]
Komentar

Tampilkan

Terkini